PENTING…Uang Rusak Masih Bisa Ditukar di BI, Ini Syaratnya

BNews—NASIONAL— Banyak yang bertanya apakah uang rusak bisa diganti baru ? Jawabannya bisa saja namun harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko mengungkapkan, uang yang rusak bisa dilakukan penukaran. Akan tetapi, ada beberapa ketentuan yang perlu diketahui masyarakat dalam proses penukaran uang tidak layak edar.

Advertisements


“Bagi masyarakat yang memiliki uang tidak layak edar, berupa uang cacat atau uang rusak, dapat menukarkan uang tersebut dengan uang rupiah yang layak edar di Kantor Bank Indonesia setempat,” ujar dia.


Penukaran uang tidak layak edar juga dilayani saat kegiatan kas keliling Bank Indonesia dan di kantor pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia. Menurut dia, uang tidak layak edar meliputi uang lusuh, uang cacat, uang rusak, dan uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran.

Sementara, untuk kategori uang lusuh/uang cacat dalam panduan penukaran uang tidak layak edar, Bank Indonesia memberikan penggantian sebesar nilai nominal yang ditukarkan sepanjang dapat dikenali keasliannya. Adapun, untuk kategori uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran, Bank Indonesia memberikan penggantian sebesar nilai nominal uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran tersebut.

Dengan catatan, uang tersebut dapat dikenali keasliannya dan masih dalam jangka waktu 10 tahun sejak tanggal pencabutan. Selanjutnya, untuk kategori uang rusak, Bank Indonesia dan/atau pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia memberikan penggantian dengan ketentuan dapat dikenali ciri-ciri dan keasliannya serta memenuhi kriteria penggantian uang rusak.

“Jika ciri-ciri keaslian sulit diketahui, penukar………

HALAMAN BERIKUTNYA

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: