Dalam Sehari, 19 Kali Guguran Lava Pijar Merapi Ke Arah Kali Krasak

BNews–JOGJA– Aktivtas gunung merapi terus meningkat. Erupsi efusif terus terjadi dengan mengeluarkan lava pijar di sisi barat daya merapi.

Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta merils laporan harian per tanggal 7 Januari 2021. Dalam kurun waktu periode 00.00-24.00 wib.

Dilaporkan bahwa terjadi kegempaan awan panas 4 kali, guguran 117, gempa hybrid 251 kali. Lalu Gempa Vulkanik Dangkal 45 kali, gempa tektonik 3 kali, dan hembusa 99 kali.

Sementara pengamatan visual, dilaporkan tampak asap warna putih intensitas tebal hingga sedang. Dengan ketingian 100 meter dari puncak merapi.

Untuk pengamatan guguran sendiri, teramati 4 kali awan panas guguran. Dengan jarak luncur 300-400 meter ke arah barat daya.

Teramati juga 19 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 800 meter ke arah kali krasak. Dimana kali ini berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, tepatnya antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Sleman.

Status merapi sendiri masih berada di level III atau Siaga. Dimana ditetapkan sejak tanggal 5 November 2020 lalu.

Loading...

Ratusan warga di lereng merapi Magelang dilaporkan oleh BPBD Kabupaten Magelang. Tercatat hingga 8 Januari 2021 pagi, terdapat 625 pengungsi kelompok rentan yang tersebar di 6 titik pengungsian. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: