Penyekatan Digelar Di Perbatasan Jateng-DIY, Puluhan Kendaraan Diminta Putar Balik

BNews-MAGELANG-– Puluhan Aparat gabungan melakukan penyekatan kendaraan mudik lebaran 2021 di perbatasan Jateng-DIY. Tepatnya di Tugu Ireng Kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah, (6/5/2021).

Penyekatan ini untuk menghalau pemudik dari luar Magelang dan Jogja. Kendaraan dengan plat nomor di luar Magelang dan Jogja akan diperiksa surat keterangan bebas Covid-19.

Terdapat banyak kendaraan selain plat nomor AA dan AB diminta putar balik. Hal ini karena kedapatan tidak membawa surat keterangan..

Kapolres Magelang AKBP Ronal A Purba mengatakan sejak dilaksanakan operasi ketupat candi kegiatan penyekatan-penyekatan terkait larangan mudik diterapkan.

“Sebenarnya sejak kemarin penyekatan pemudik sudah dilakukan. Yakni menghalau pendatang yang memasuki wilayah Jawa Tengah dari arah Yogyakarta,” katanya.

Dintanya untuk sasaran target penyekatan hari itu, Kapolres menyampaikan pihaknya melakukan pengecekan pemudi-pemudik yang kendaraan plat nomornya diluar AA dan AB.

“Kalau ada kendaraan diluar AA-AB kita berhentikan untuk ditanya kepentingannya apa. Dan bila murni mudik akan kami sarankan kembali. Kami putar balikan,” imbuhnya,

Terkait angkutan truk pasir merapi, Ronald mengungkapkan masih akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan.

“Nanti akan koordinasi dengan Dishub. Karena yang menentukan dari Kemenhub untuk menghentinkanya. Dan sampai saat ini belum ada pembatasan,” ujarnya.

Terkait antisipasi jalur tikus, lanjutnya pihaknya mengedepankan PPKM Mikro.

“Jadi di PPKM mikro itu, di seluruh Desa Bhabinkamtibmas dan Babinsa mendeteksi warga yang datang ke Desa. Jika lolos dari proses penyekatan ini makan yang bersangkutan untuk isolasi mandiri dan dilakukan swab,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: