PPMT UNIMMA Bentuk Koperasi Tani Sebagai Solusi Masalah Petani Di Magelang

BNews–MAGELANG-Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma). Dan kali ini berlangsung di Dusun Sudimoro Desa Gondang Kecamatan Mungkid Magelang.

Kelompok PPMY kali ini diketuai oleh Lilik Andriyani, sekaligus dosen pembimbing. Sedangkan anggotanya yakni mahasiswa UNIIMA, yaitu Fani Riski Arbani, Faridatul Kudsiyah, Angke Diasi, Nur Lailia Ulinnuha dan Ilma Filiana.

Untuk PPMT kali ini, lima mahasiswa membantu mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. Permasalah yang ditemukan salah satunya yaitu dengan Pembentukan Koperasi Kelompok “TARUNA TANI” .

Kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih 2 bulan meliputi Sosialisasi, Pendampingan dan Praktek. “Warga merasa kesulitan menebus pupuk bersubsidi dengan adanya kartu tani. Hal ini karena kios pupuk terlalu jauh dari permukiman,” ungkap Kepala Dusun Sudimoto, Nurchakim.

Maka dari itu, lanjutnya dengan pembentukan koperasi tadi yang didampingi oleh Kelompok PPMT UNIMMA menjadi salah satu solusinya. “Hal ini merupakan solusi terbaik, dan kami sangat terbantu,” imbuhnya.

Perlu diketahui, koperasi tani ini merupakan cita-cita dari Kepala Dusun Sudimoto sejak dahulu. Karena menurutnya adanya koperasi tani memberikan kemudahan aksesibilitas kebutuhan sehari-hari para petani.

“Ya bisa mempermudah mendapatkan kebutuhan tadi seperti pupuk, perlengkapan pertanian dan kebutuhan lain. Dan diharapkan mampu memacu pembangunan ekonomi desa,” ungkapnya.

Untuk tahap pembentukan koperasi tani sendiri dimulai dengan adanya usaha yang sudah dibentuk sebagai embrio. Kemudian dilakukan pembentukan struktur organisasi.

“Setelah adanya usaha dan strukur organisasi yang dibentuk, kemudian dilaksanakan pembekalan tentang koperasi. Dan hal ini dibantuk kelompok PPMT mendatangkan Dinas Koperasi sebagai nara sumber,” ujarnya.

Tahap akhirnya, kata dia yakni melakukan pendaftaran koperasi melalui notaris.

Sementara salah satu anggota Kelompok PPMT UNIMMA yang mendampingi berharap koperasi tani tersebut dapat membantu.

“Ya semoga membantu dalam pemenuhan kebutuhan warga khususnya dalam kebutuhan pokok bertani. Dan kami menginginkan semoga apa yang kami berikan dalam PPMT ini bermanfaat dalam jangka panjang,” harapnya. (adv)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: