PPMT UNIMMA Permudah Sistem Peminjaman Buku Di Perpusatakaan Desa Madyocondro

BNew– MAGELANG — Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) adalah program penyetaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dan sama halnya  yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA).

Kali ini Kelompok PPMT melakukan kegiatannya di sebuah Perpustakaan Desa Madyocondro Kecamatan Secang.  Perpustakaan tersebut diberi nama “Perpustakaan Condro Utomo” yang mempunyai program mewujudkan transformasi perpustakaan untuk meningkatkan literasi belajar Desa Madyocondro.

Dosen dan Mahasiswa yang terlibat dalam kelompok tersebut adalah Dosen Pembimbing Dewi Lianasari. Lalu Ketua Kelompok Dodi Kurniawan Priambodo, dengan anggota kelompok Reza Rizki Dramawan, Diah Ayu Wahyuningrum, Susmawati Surya A, Triyuni Utaminingsih.

“Program pendampingan perpusatakaan ini arena kami merasa iba. Hal itu karena pengelolaan buku perpustakaan masih manual,” kata Ketua Kelompok PPMT Dodo.

Melihat hal tersebut, lanjutnya kelompok PPMT-nya membantu membuat sebuah sistem di website. “Kami juga mengadakan pelatihan ke petugas perpustakaan bagaimana cara menggunakan aplikasi sistem dalam pencarian buku dengan mudah dan cepat,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Perpustakaan Condro Utomo dahulu masih menggunakan pendataan buku secara manual. “Dengan adanya sistem ini proses peminjaman dan pengembalian buku dapat dilakukan dengan praktis dan terstruktur,” paparnya.

Disamping diadakan pelatihan website juga terdapat pelatihan membuat mading dan buletin sebagai media daya tarik masyarakat atau pengunjung perpustakaan. Serta sumber informasi secara praktis, kreatif dan inovatif.

“Dalam pengabdian juga terdapat pemateri (pustakawan) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi belajar. Dimana pelatihan dan pendampingan dilakukan sejak bulan Oktober 2020 lalu,” pungkasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: