Protes Penambangan Alat Berat Warga Demo di Polsek Sawangan

DEMO : Sejumlah perwakilan warga dimediasi Kapolsek Sawangan untuk menyampaikan aspirasi tolak tambang di alur kali Pabelan (3/3)--(Foto--Istimewa)

DEMO : Sejumlah perwakilan warga dimediasi Kapolsek Sawangan untuk menyampaikan aspirasi tolak tambang di alur kali Pabelan (3/3)--(Foto--Istimewa)

BNews—SAWANGAN—Polsek Sawangan digeruduk warga bantaran kali Pabelan siang tadi (3/3). Hal ini karena warga demo menolak penambangan illegal menggunakan alat berat di alur kali Pabelan.

 

Sebenyak 50 massa dari Desa Banyudono Kecamatan Dukun ini mendatangi Polsek Sawangan karena tambang alat berat di Sungai Pabelan melalui jalur Kecamatan Sawangan. Sedangkan dampak penambangan menurut warga akan berdampak buruk terhadap masyarakat di Bantaran Sungai Pabelan di wilayah Kecamatan Dukun.

 

“Kami masyarakat peduli lingkungan, dengan tegas penambangan di sungai Pabelan menggunakan alat berat itu merusak lingkungan,” ungkap Hendrat Ketua Sapu Jagad saat menyampaikan aspirasinya kepada Kapolsek Sawangan.

 

Tidak hanya itu, penambangan tersebut disinyalir juga akan merusak sebuah Sabo Dam yang berada di daerah Banyutemumpang Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan. Warga mengaku sudah memiliki kesepakatan dengan BBWSO terkait tidak adanya aktivitas tambang dengan alat berat di daerah tersebut, mau legal ataupun illegal.

 

Sementara Kapolsek Sawangan Kompol Margito saat melakukan mediasi warga menerima aspirasi masyarakat tersebut. Dan memberkan apresiasi bahwa kegiatan ini berjalan dengan tertib dan damai.

 

“Untuk aspirasi ini akan kami sampaikan ke pimpinan kami, dan nanti hasilnya bagaimana kita juga belum tahu,” tandasnya.


 

Selain Hendrat Ketua Sapu Jagad Gunung (Peduli Lingkungan), juga ada beberapa perwakilan warga yang ikut mediasi. Mereka adalaha Munawir perwakilan Dusun Macanan Desa Banyudono, Bambang perwakilan Dusun Klatak Desa Banyudono Kecamatan Dukun serta  Imam perwakilan Dusun Bendan Desa Sawangan Kecamatan Sawangan. (bsn)

error: Content is protected !!