Bersiaplah, Rapit Test Bakal Digelar di 17 Rest Area di Jateng

BNews–SEMARANG– Libur panjang dan cuti bersama akhir Oktober ini Pemprov bekerja sama dengan Polda Jateng antisipasi arus mudik. Dimana Rapid Test Covid-19 sampling dilakukan di 17 Rest Area wilayah Jawa Tengah.

Tes Covid-19 secara rapid atau rapid test akan digelar di 17 rest area yang tersebar di jalur tol di berbagai wilayah di Jawa Tengah (Jateng) selama masa libur panjang dan cuti bersama, 28 Oktober-1 November 2020.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, saat meninjau arus mudik di Exit Tol Brebes antisipasi libur panjang 28 Oktober sampai 1 November 2020.

Selain rapid test di rest area, Kapolda mengatakan berbagai upaya sudah dilakukan guna menangani lonjakan arus kendaraan. Yakni melalui Operasi Zebra, yang digelar mulai 26 Oktober-6 November nanti.

“Operasi Candi Zebra ini dengan harapan arus mudik dari Jakarta dapat terurai sampai di rumah masing-masing,” ucap Kapolda Jateng (27/10/2020).

Kapolda mengatakan selama pantauan arus mudik di Exit Tol Brebes, Selasa siang, pihaknya belum melihat adanya kenaikan volume kendaraan. Ia pun memprediksi lonjakan arus kendaraan baru akan terjadi pada Selasa malam.

“Ada sekitar 8.000 kendaraan yang masuk. 4.000 masuk dan menuju ke selatan. Sedang sisanya ke arah barat. Prediksi lonjakan terjadi nanti malam, karena sampai siang ini masih landai,” ujar Kapolda Jateng.

Loading...
DOWLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Meski demikian, Kapolda menilai arus mudik kali ini tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. “Arus mudik sekarang berbeda dengan yang dulu karena masih ada pemberlakuan operasi yustisi. Juga pengecekan suhu di rest area untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda mengaku dari 17 rest area yang tersebar di jalur tol Jateng, telah digelar pengecekan suhu dan rapid test.

“Kita bekerja sama dengan gugus tugas termasuk untuk pembatasan rest aea dari fluktuatif kendaraan. Ini dilakukan guna pembatasan masyarakat di rest area di wilayah Jateng,” imbuhnya.

Kapolda Jateng mengatakan pada pengamanan mudik libur panjang dan cuti bersama kali ini, pihaknya mengerahkan 1.700 personel. Ribuan personel ini tersebar dari Brebes hingga Rembang dengan empat pos pantauan utama yakni Brexit Brebes, Kalikangkung Semarang, Banyumas, dan Rembang. (*/her)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: