Semakin Ribet Jika Akan Menonton Video di Youtube, ini Aturan Barunya

BNews–TEKNO– Salah satu platform milik google ini terus melakukan pembenahan. YouTube berusaha memberikan layanannya  dapat memberikan konten yang sesuai dengan umur pengguna.

Baru-baru ini, platform streaming video milik Google tersebut mengumumkan kalau mereka akan menerapkan pembatasan usia di konten secara otomatis.

Sebelumnya, YouTube telah menyediakan pengaturan bagi kreator untuk menyesuaikan sendiri batasan usia bagi konten mereka. Jika kreator konten menandai video mereka sebagai ‘age-restricted’, nantinya penonton perlu untuk masuk ke akun Google mereka untuk menonton video tersebut.

Jika usia di akun Google itu belum berusia 18 tahun, maka penonton akan mendapatkan label peringatan dan dialihkan ke konten yang sesuai bagi anak di bawah umur.

YouTube tak berhenti sampai di situ. Pada Selasa (22/9), mereka mengumumkan kalau Trust & Safety Team (Tim Kepercayaan dan Keamanan) mereka; bakal memeriksa langsung dan memberikan pembatasan usia pada konten yang tidak sesuai untuk orang berusia 18 tahun ke bawah.

Platform streaming video itu juga berencana untuk menggunakan machine learning (mesin pembelajaran) untuk memberikan pembatasan usia bagi konten yang ada di YouTube. Dengan demikian, pembatasan usia bakal diterapkan secara otomatis, terlepas dari konten kreator membatasi konten mereka atau tidak.

“Saat ini, tim Kepercayaan & Keamanan kami menerapkan batasan usia ketika, dalam proses meninjau konten, mereka menemukan video yang tidak sesuai untuk penonton di bawah 18 tahun,” kata YouTube dalam blog resmi mereka, Selasa (22/9).

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Untuk selanjutnya, kami akan mengembangkan pendekatan kami dalam menggunakan pembelajaran mesin untuk mendeteksi konten untuk ditinjau, dengan mengembangkan dan mengadaptasi teknologi kami untuk membantu kami menerapkan batasan usia secara otomatis. Pengunggah dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut jika mereka yakin bahwa keputusan itu diterapkan dengan tidak benar,” sambung YouTube.

YouTube menambahkan, kreator konten tak perlu khawatir kalau kebijakan baru ini bakal mengurangi pendapatan mereka dari monetisasi. Sebab, kata mereka, konten yang melanggar kebijakan YouTube tak bakal mendapatkan iklan. Menurut laporan The Verge, konten video yang diberi pembatasan usia juga tidak secara otomatis dilarang untuk muncul di beranda YouTube.

Lebih lanjut, YouTube juga bakal menerapkan kebijakan ini bagi pengguna yang menonton konten dari pihak ketiga. Artinya, jika kamu hendak menonton video YouTube di luar aplikasi dan situs YouTube, kamu bakal dialihkan terlebih dahulu ke platform YouTube agar umur kamu bisa diverifikasi.

Menurut laporan The Verge, ini bukan kali pertama YouTube menggunakan machine learning dan AI (kecerdasan buatan) untuk mengintervensi konten yang ada di platform mereka.

Sebelumnya, YouTube telah menggunakan machine learning untuk mencoba mengatasi ekstremisme, kekerasan; ujaran kebencian, dan konten parah lain dengan lebih baik mulai tahun 2017.

Artinya, YouTube telah menjalankan sistem semacam ini dan hanya perlu menerapkan sedikit perubahan dengan tambahan variabel pembatasan usia.

Kebijakan baru YouTube ini merupakan respons atas kritik global dari kelompok orang tua dan dewan advokasi atas situs web yang tidak aman untuk anak-anak.  

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

YouTube sendiri sebenarnya sering mengatakan bahwa platform mereka tidak dimaksudkan untuk siapa pun yang berusia di bawah 13 tahun. Oleh karena itu, perusahaan membuat layanan YouTube Kids sebagai alternatif yang dianggap lebih aman untuk anak-anak.

Namun, keberadaan layanan YouTube Kids ternyata tidak menghentikan anak-anak di bawah umur untuk menggunakan layanan YouTube biasa. Dengan demikian, sistem pembatasan usia secara otomatis ini diharapkan bisa jadi gerbang pembatas bagi anak di bawah umur tersebut.

Tidak jelas kapan YouTube bakal menerapkan sistem pembatasan usia secara otomatis di layanan mereka. Namun, pengguna perlu bersiap untuk sedikit rumit ketika hendak menonton YouTube dengan log in akun Google; karena kemungkinan akan semakin banyak video yang diberi label pembatasan usia.(*/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: