Serunya Ngabuburit Di Pasar Ramadhan Ringinputih Borobudur

BNews–MAGELANG– Suasana sore yang tak seperti biasanya terjadi di Dusun Ringinputih Desa Wringinputih Kecamatan Borobudur selama  bulan Ramadhan ini. Dimana sebuah Pasar Ramadan hadir di Desa Ringinputih ini.

Pasar tersebut menyediakan aneka takjil dan makanan yang cocok sebagai menu berbuka puasa. Mulai dari aneka jenang, sempol ayam, jajan pasar, es kuwut, es dawet, lotek, gorengan, kopi, es buah, kurma, susu kurma yoghurt, jelly serta menu lainnya.

Untuk lokasi Pasar Ramadhan Ringinputih tersebut berada di Jalan Sudirman (jalan Borobudur-Salaman).

Kegiatan tersebut awal mula diinisiasi oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Progo Tangsi Desa Wringinputih Kecamatan Borobudur Magelang. Untuk selanjutnya diteruskan oleh warga dan pemuda Dusun Ringinputih Desa Wringinputih Borobudur.

Ketua Destinasi Pokdarwis, Jiyo Martono, mengatakan konsep awal pasar tersebut diperuntukan untuk satu desa. Dimana warga satu desa yang ingin berjualan bisa membuak lapan di tempat tersebut.

Namun kali ini diawali warga satu dusun dulu, yaitu Dusun Ringin Putih Desa Wringinputih.

“Sementara baru terdapat 11 pedagang sudah mulai berjualan sejak puasa hari kedua. Hampir seminggu ini tanggapan masyarakat bagus,” katanya.

Selain lapak jualan, di Pasar Ramadhan tersebut juga didekorasi agar terlihat meriah. Seperti dipasang brongsong bambu dan lampu hias. Karena juga bertujuan mendukung Borobudur sebagai kawasan wisata.

“Harapannya setelah Ramadan pasar ini tetap berjalan, sehingga menjadi media anggota Pokdarwis untuk berkarya,” harapnya.

Pasar Ramadhan Ringinputih Borobudur ada live musik

Sekretaris Pokdarwis, Dwias Panghegar, menambahkan, mulai Jumat besok akan diadakan lomba keagamaan. Diantaranya mewarnai kaligrafi, lomba adzan dan hafalan Al Quran.

“Agar semakin meriah diadakan kegiatan lomba. Di lokasi ini juga disediakan odong-odong dan kereta kelinci untuk ngabuburit warga,” imbuhnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: