IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Bahaya…di Magelang 87 Persen Petani Sudah Usia Lanjut, Minim Penerus

BNews—MUNGKID— Masa dekan dunia pertanian perlu mendapatkan kajian lebih lanjut oleh pemerintah. Bagaimana tidak, lebih dari 87 persen pelaku pertanian sudah lanjut usia.

Hal itu diungkapkan oleh Pj Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto saat membuka Youth Argopreneur Expo 2019 di Politeknik Pertanian Yogyakarta, Magelang. “Petani kita 87 persen Sudan berusia lanjut. Penerusnhya hanya 12,8 persen,” tuturnya.

Menurutnya, data itu dari dari badan pusat statistik terakhir, artinya jika dibiarkan terus menerus, sehingga masa depån pertanian suram. “Bisa berbahaya bagi kelangsungan terkait ketersediaan pangan. Oleh karena itu sangat penting regenerasi para pelaku pertanian,” kata Adi.

Adi mengatakan, generasi penerus dan pelaku pertanian harus disiapkan untuk keberlangsungan pertanian di masa mendatang. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan tetapi juga dapat mengangkat Indonesia ditengah persaingan global.

Loading...

“Generasi muda harus memiliki mental baja, tekad yang kuat, dan mewarisi jiwa kewirausahaan. Sehingga istilah yang cocok buat mereka adalah seorang Agropreneur,” kata Adi.

Sub Bidang Pendidikan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, R Hermawan, mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan calon-calon wirausaha muda pertanian dalam rangka regenerasi petani. (bsn/bn1)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: