Soal BAZNAS, Bupati Magelang Raih Penghargaan Terbaik Se-Indonesia

BNews–MUNGKID– Kepala Daerah Kabupaten Magelang mendapat penghargaan bergensi tingkat Nasional. Dimana Bupati Magelang, Zaenal Arifin meraih penghargaan terbaik nomor 1 se-Indonesia.

Penghargaan tersebut yakni sebagai Kepala Daerah yang mendukung kebangkitan zakat di Kabupaten Magelang. Dimana pengumuman tersebut dalam ajang BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Award 2020 yang dilaksanakan melalui zoom meeting dari Rumah Dinas Bupati Magelang, (14/12/2020).

Sebelumnya untuk diketahui bahwa, BAZNAS Award 2020 sendiri merupakan salah satu agenda dari BAZNAS RI yang didasari oleh Indeks Zakat Nasional (IZN) per tanggal 9 Desember tahun 2020. Dimana program ini kemudian dikelola oleh PUSKAS BAZNAS RI.

Wakil Ketua 1 BAZNAS Kabupaten Magelang, KH Kholid As’Adi menjelaskan, dalam hal ini Kabupaten Magelang telah ikut berpartisipasi dalam pengisian IZN tahun 2020. Adapun indikator kuesioner IZN tahun 2020 tersebut meliputi, regulasi Kepala Daerah, alokasi APBD, serta pengumpulan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS).

“Selain itu masih ada penyaluran ZIS, Pelaporan ZIS, biaya operasional BAZNAS, Program unggulan BAZNAS, serta tantangan dan hambatan yang dihadapi BAZNAS. Dan salah satu kategori yang dilombakan dalam BAZNAS Award 2020 ini adalah kepala daerah pendukung kebangkitan zakat,” jelas, KH Kholid.

Berdasarkan penilaian, akhirnya Bupati Magelang terpilih menjadi terbaik no 1 se-Indonesia sebagai Kepala Daerah yang mendukung kebangkitan zakat, utamanya di Kabupaten Magelang.

Hal ini dapat dilihat dari keterlibatan Bupati Magelang dalam penyusunan regulasi zakat. Selain itu, pengalokasian APBD kepada BAZNAS Kabupaten Magelang juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Praktis hal tersebut mengindikasikan dukungan aktif Kepala Daerah terhadap kebangkitan zakat di Kabupaten Magelang. Salah satunya berdampak pada peningkatan pengumpulan ZIS di lingkungan ASN Kabupaten Magelang serta penyaluran ZIS bagi masyarakat.

Sementara, Bupati Magelang, Zaenal Arifin sangat mengapresiasi atas penghargaan yang telah diterimanya dari BAZNAS Award 2020 tersebut.

Menurutnya, prestasi ini hanyalah merupakan pijakan awal Pemerintah Kabupaten Magelang dalam memberikan dukungan kepada BAZNAS. Khususnya dalam menghimpun serta menyalurkan zakat, Infaq, dan sedekah.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang tentunya saya sangat mengapresiasi atas penghargaan yang telah diberikan dari BAZNAS Award ini. Terlebih harapan kami, melalui penghargaan ini bisa lebih memberikan semangat serta motivasi untuk terus mendorong BAZNAS Kabupaten Magelang dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk menghimpun serta menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah,” ungkapnya. (bsn)

Kaos Deglang
1 Comment
  1. Adi. says

    Selamat pak bupati. TAPI jangan lupa tolong dong TPP PNS Kabupaten Magelang juga dinaikkan sebagai wujud perhatian kepada tenaga PNS kab magelang masak TPP kalah dengan Temanggung, kota Magelang..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: