Tanah Longsor di Banjarnegara, 4 Orang Meninggal Dunia Tertimbun Material

BNews–JATENG– Intensitas hujan sedang hingga tinggi menyebabkan tebing setinggi 25 meter longsor dan menimpa rumah; serta kontrakan di Desa Pangentan, Kecamatan Pangentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Jumat (19/11/2021).

Menurut laporan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, peristiwa tersebut mengakibatkan tiga orang meninggal dunia, 1 hilang dan 1 terluka. Korban meninggal atas nama Bunga Citra A (14), Alfino Sudarmaji (11) dan Andriyanti Erowati.

Dan korban yang tertimbun dan ditemukan terakhir Sabtu pagi (20/11/2021) atas nama Partini (38).

Korban luka atas nama Putri Olivia (7) kini menjalani perawatan di puskesmas Kecamatan Pangetan.

Hingga saat ini relawan dan tim SAR gabungan masih melakukan proses pembersihan bersama BPBD.

Sebelumnya tebing setinggi 15 meter di Desa Karangnangka, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah, longsor dan menimpa rumah warga. Detik-detik tebing longsor tersebut pun sempat terekam kamera warga hingga viral di media sosial pada Kamis petang (18/11/2021).

Akibat kejadian tanah longsor tersebut, satu rumah warga ambruk. Beruntung saat kejadian tersebut, penghuni sedang tak berada di dalam rumah.

Menurut Ketua PMI Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Hidul Fitriyatno, kondisi tanah di sekitar kejadian tanah longsor  hingga saat ini masih labil. Sehingga  warga yang tinggal di sekitar lokasi diminta untuk mengosongkan rumah.

Sebenarnya dari hari Rabu kemarin sudah muncul rekahan tanah. Karena setiap hari hujan deras. Warga juga sudah berusaha membuat saluran agar air tidak masuk ke dalam rekahan. Tetapi karena hujan deras tebing ini tetap longsor dan merusak rumah warga,” jelasnya.

Mengingat intensitas hujan masih tinggi,  ia mengimbau warga terus waspada. Terlebih kondisi tanah masih terus bergerak. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: