Unik, Begini Upacara HUT RI di Lereng Merbabu

BNews–SAWANGAN-– Pemerintah Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang menggelar upacara HUT RI ke 74  dengan cara berbeda. Mereka menggelar upacara dengan tradisi budaya jawa (19/8).

Berlokasi di Lapangan KUD Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Ribuan Masyarakat dan perangkat Desa Wonolelo berkumpul. Meskipun sudah lewat dari puncak kemerdekaan 17 Agustus, namun antusias masyarakat Desa Wonolelo tetap meriah. Ratusan masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang tua memadati area pelaksaan.

Tampak anak-anak menggunakan pakaian adat jawa, remaja dan perangkat desa juga berbusana adat jawa berkumpul dengan alunan gending jawa. Bertindak sebagai pembina upacara Kepala Desa Wonolelo Marpomo berdiri gagah di depan peserta upacara.

Uniknya, upacara ini dalam prosesinya menggunakan bahasa jawa dan setiap sesi dialunin gending jawa secara langsung oleh kelompok karawitan pemuda karang taruna Desa dengan sinden ibu PKK Desa. Bahkan petugas upacara juga menggunakan pakaian adat jawa yang terdiri dari pemuda desa.

Loading...

“Karena mayoritas warga Wonolelo adalah petani dan identik jawa maka prosesi upacara ini kita konsep secara adat jawa,” ungkap Marpomo saat diwawancari Borobudur News.

Selain itu, sebagai pengenalan budaya jawa kepada generasi penerus kita. “Masuk tujuan anak muda lebih mengenal jawa yang memilili rasa gotong royong dan guyup rukun,” imbuhnya.

“Saya harapkan kedepan masyarakat mengakat potensi desa yang ada dan bisa menambah perputarab ekonomi di Desa,” harapnya.

Marpomo juga menambahkan bahwa berbagai macam perlombaan juga sudah digelar di masing masing Dusun, “Pelaksanaan lomba kita bisa memetik filosofi persatuan dan kekompakan warga,” ujarnya.

“Saya ajak seluruh masyarakat Desa Wonolelo khususnya untuk mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat kebersamaan tanpa membeda-bedakan,” tandasnya.



Sementara Ketua BPD Surono menambahkan bahwa upacara ini merupakan inisiatif Desa sendiri. “Kemarin tanggal 17 Agustus kita mengikuti upacara tingkat kecamatan Sawangan, sehingga di Desa kita adakan hari ini,” tambahnya.

“Selain untuk memperingati hari kemerdekaan RI 74, kegiatan ini guna menumbuhlan jiwa patriotisme dan nasionalisme warga Wonolelo agar tetap cinta NKRI,” pungkasnya.

Setelah upacara selesai, rangkaian masih berlanjut dengan penampilan drumband dan pementasan tujuh kelompok kesenian rakyat asal Desa Wonolelo secara bergantian. Ribuan masyarakat masih bertahan memadati acara hinggal selesai. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: