Vita Ervina Bantu RSUD Merah Putih Blondo Tangani Limbah Infeksius Covid-19

BNews—MAGELANG— Anggota DPR RI Komisi IV Vita Ervina membagikan sejumlah bantuan untuk menangani limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) infeksius covid-19. Bantuan tersebut terdiri dari paket unit drop boks limbah B3 Fasilitas pelayanan Kesehatan (Fasyankes), ratusan APD dan ribuan plastik pengumpul limbah.

Bantuan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dirjen PSLB3 tersebut diberikan secara simbolis kepada Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Merah Putih Leli Puspitowati. Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu menuturkan, bantuan tersebut sebagai salah satu upaya membantu penanganan pemutusan rantai penyebaran covid-19.

”Yang diharapkan dengan bantuan ini dapat membantu RSUD Merah Putih dalam menangani kasus virus corona,” tutur Vita, Rabu (3/6).

Vita menjelaskan, bantuan yang diberikan menindaklanjuti dari Surat Edaran Menteri LHK Nomor: SE.2/MENLHK/PSLB3/PLB.3/3/2020. Tentang Pengelolaan Limbah Infeksius (Limbah B3) dan Sampah Rumah Tangga dari Penanganan Covid-19.

”Bantuan berupa 35 unit drop box limbah B3 FASYANKES, 200 paket APD petugas pengolah limbah tersebut dan 7 ribu plastik pengumpul limbah itu,” jelasnya.

Sementara itu, Leli Puspitowati mengucapkan terima kasih. Pihaknya sangat mengapresiasi dengan bantuan tersebut.

”Bantuan dalam penanganan limbah limbah B3 ini turut berperan penting dalam upaya pencegahan Covid-19,” ungkapnya. Menurut dia, limbah medis perlu mendapat perhatian juga untuk meminimalisir penyebaran penularan covid-19 yang disebabkan dari limbah B3.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik di sini)

Selain itu, bantuan juga diberikan kepada beberapa kelompok masyarakat di Kota Magelang dengan disaksikan Kepala DLH kota Magelang Otros Trianto. Bantuan berupa lima unit kendaraan pendukung penyemprotan disinfektan dan tangki sebagai upaya pencegahan covid-19.

Kelompok masyarakat tersebut diantaranya Karang Taruna Kelurahan Panjang dan DPD KNPI Kota Magelang. Kemudian Bank Sampah ’Aster’ Kelurahan Kramat Selatan dan Bank Sampah ’Bunda Mandiri’ Kelurahan Tidar Selatan.

”Tentunya saya sangat berterimakasih atas kepedulian yang diberikan sehingga kami bisa lebih memaksimalkan lagi untuk penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Magelang,” ucap Otros.

Imbuh Otros, karena ada beberapa wilayah di Kota Magelang yang tidak bisa dilalui dengan angkutan besar. Guna penyemprotan sehingga bantuan tersebut sangat membantu.

”Saya juga berharap pandemi segera berakhir sehingga masyarakat dapat beraktifitas seperti sedia kala,” pungkas dia. (mta/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: