Waspada! 75 Persen Daerah Pilkada Rawan Penularan Corona

BNews—NASIONAL— Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang dilangsungkan pada 9 Desember 2020, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 melakukan zonasi corona di Indonesia. Kurang lebih sekitar 75 persen daerah yang melaksanakan hajatan demokrasi masuk dalam risiko tinggi dan sedang.

Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny Harry B Harmadi menerangkan, ada 261 kabupaten/ kota yang mendapat perhatian saat pelaksanaan Pilkada.

”Kalau minggu lalu ada 18 daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Minggu ini ada sekitar 24 daerah yang masuk zona merah. Lalu yang masuk zona risiko sedang (oranye) ada 180,” kata Sonny, Sabtu, (5/12).

”Kurang lebih sekitar 75 persen itu masuk dalam zona risiko tinggi dan zona risiko sedang,” sambungnya.

Di Jawa, terdapat beberapa kabupaten/ kota berstatus zona merah. Diantaranya Kota Pekalongan, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Karawang, Indramayu, Blora, Kendal, Sukoharjo, Pemalang, Sleman, Jember, Situbondo dan Serang.

Sementara beberapa di luar Jawa seperti Kota Bandar Lampung, Batam, Tomohon di Sulawesi Utara, Palu, Kabupaten Siak di Riau Kabupaten Batang Hari di Jambi. Lalu Waringin Timur di Kalimantan Tengah, Kabupaten Muna di Sulawesi Tenggara dan Sumbawa.

Sonny mengungkapkan, masyarakat harus tahu bahwa pemerintah telah mengantisipasi sejumlah aturan terkait dengan protokol kesehatan saat Pilkada 2020 nanti. Ia mencontohkan prokes di Tempat Pemungutan Suara (TPS)

”Itu dulu bisa untuk 800 pemilih dan sekarang hanya 500 pemilih supaya tidak berkerumun. Lalu yang wajib adalah memakai masker, harus datang tepat waktu sesuai jadwal supaya tidak terjadi penumpukan di TPS. Kemudian membawa alat tulis sendiri, jangan lupa cuci tangan bila sampai di TPS masing-masing,” ungkapnya.

”Diukur juga suhunya kalau suhunya di atas 37,3 derajat celsius maka harus memilih atau mencoblos di bilik khusus. Lalu nanti tintanya juga diteteskan buka dicelupkan, sebaiknya begitu selesai memilih langsung pulang,” pungkas dia. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: