1.340 Pengunjung Indogrosir Sleman Akan Menjalani Rapid Test Massal

BNews—SLEMAN— Ribuan pengunjung Indogrosir di Sleman dijadwalkan akan menjalani rapid test usai seorang pegawainya dinyatakan positif covid-19. Rapid test massal akan dilakukan Selasa besok mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB di Gedung Olahraga (GOR) Pangukan Sleman.

”Besok ada 1.340 pengunjung yang akan menjalani rapid test. Dan hari ini kita gladi bersih,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo, Senin (11/05).

Menurut Joko, jumlah pengunjung pusat grosir yang mendaftar ada lebih dari 1.340 orang. Namun, tidak semuanya diikutkan dalam rapid test massal.

Sebab, hanya warga yang pergi ke pusat grosir itu pada 19 April 2020 hingga 4 Mei 2020 bisa ikut rapid test massal ini. ”Ada sekitar 300-an yang tidak lolos,” terangnya.

Besok, ribuan pengunjung akan menjalani rapid test sebanyak dua kali. Bila hasil pertama menunjukkan hasil non-reaktif, maka akan kembali diperiksa sampel darahnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Jika orang yang saat diperkisa menunjukkan hasil reaktif langsung dilanjutkan dengan pemeriksaan swab,” ujar dia.

Disinggung hasil rapid tes, Joko mengampaikan akan keluar sore harinya. Dinas Kesehatan Sleman akan memberitahukan secara privasi.

”Pengumuman setelah rapid sebenarnya kalau menggunakan darah lengkap kira-kira satu jam keluar. Tapi kita tidak satu jam langsung keluar, mungkin sore hari,” pungkasnya.

Sebagai tambahan, hasil rapid tes terhadap seseorang harus dimaknai sebagai positif atau negative terhadap keberadaan antibody dalam tubuh. Bukan terhadap keberadaan virus corona penyebab covid.

Dan untuk mengkonfirmasi keberadaan virus corona secara akurat dalam tubuh seseorang harus dilakukan test swab dengan meteode PCR (Polymerase Chain Reaction). (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: