26 Kosakata Bahasa Indonesia yang Unik dan Jarang Terdengar, Menambah Wawasan

BNews—MAGELANG— Perkembangan zaman dan luasnya pengetahuan seseorang tentang bahasa asing membuat penggunaan bahasa sehari-hari bisa ikut tercampur antara Bahasa Indonesia dan bahasa asing.

Namun nyatanya, banyak sekali kata-kata indah dalam Bahasa Indonesia yang jarang diketahui. Padahal mungkin kosakata tersebut pernah kamu lihat dari film maupun novel sastra.

Nah, berikut ini beberapa kosakata Bahasa Indonesia yang mungkin jarang digunakan untuk bahasa sehari-hari

Rahara

Terkesan manis dan enak didengar, kata “rahara” merujuk pada perempuan. Lebih tepatnya, memiliki arti gadis pada usia yang sudah selayaknya menikah.

Buhul

Kata ini mungkin terdengar unik. Tetapi, ternyata buhul masuk dalam kata baku dengan arti “ikatan atau simpul”, yang biasa kamu lakukan pada seutas tali.

Kenes

Kata indah dalam Bahasa Indonesia lainnya yang perlu diketahui adalah kenes. Kenes memiliki dua makna, salah satunya bermakna genit.

Selain itu, kenes adalah kata cakapan yang menggambarkan karakter lincah dan membuat seseorang senang melihatnya karena terus aktif secara fisik. Kata ini biasanya mengacu pada anak kecil.

Lajnah

Kamu mungkin menganggap bahwa lajnah adalah kata dari bahasa asing. Padahal, kata ini berasal dari Bahasa Indonesia. Lajnah memiliki arti “panitia atau komisi.”

Candala

Walaupun candala memiliki kata “canda”, tetapi maknanya jauh dari kata “bercanda”. Candala punya arti yang cenderung negatif, yaitu “rasa rendah diri.”

Rendah diri biasanya menggambarkan bahwa seseorang merasa tidak layak, dan memiliki kepercayaan diri yang rendah.

Candramawa

Untuk kamu yang memelihara kucing dengan warna bulu kombinasi hitam dan putih, candramawa bisa menjadi ide nama kucing yang indah lho. Candramawa memiliki arti “hitam bercampur putih” yang berkaitan dengan warna bulu kucing.

Teyan

Kata-kata indah dalam Bahasa Indonesia lain yang perlu kamu ketahui adalah teyan. Tercantum dalam KKBI, kata teyan memiliki makna “pemungutan atau pengumpulan uang.”

Dengan kata lain, teyan memiliki makna yang sama untuk kata sinonim seperti donasi, amal, atau sumbangan.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Genta

Kata genta biasanya ditemukan dalam buku-buku karya sastra klasik. Mengutip KBBI, genta memiliki arti “lonceng besar” yang biasanya dipasang di menara gereja.

Swakarya

Nah, kata-kata indah dalam Bahasa Indonesia selanjutnya adalah swakarya. Kata ini mungkin pernah kamu dengar sesekali, terutama jika berhubungan dengan konten “kreativitas.”

Swakarya memang memiliki arti “hasil kerja sendiri”. Kamu mungkin lebih familiar dengan istilah “Do It Yourself” dalam Bahasa Inggris.

Sawala

Sawala yang menjadi kata berbunyi indah dalam Bahasa Indonesia. Sawal memiliki arti “debat”, yang punya kesan lebih artistik dan tradisional, ya.

Arunika

Terdengar indah seperti nama orang bukan? kata dalam bahasa Indonesia ini tidak ada di KBBI. Namun arti dari kata ini juga indah, yaitu cahaya matahari ketika pagi dimulai, yang sepertinya sama dengan syafak atau fajar shadiq.

Dirgantara

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kata satu ini. Kita cukup sering melihat dan menemukannya. Kata ini memiliki arti segala sesuatu yang ada di atas bumi, meliputi langit dalam atmosfer sampai luar angkasa.

Jenggala

Pernah mendengar nama satu ini? Mungkin kamu sudah tahu bahwa kata indah satu ini memiliki arti hutan. Saat membaca kata ini, kita mungkin akan teringat kata benggala, dari nama Benggal (Bengal) di India yang terkenal dengan sapinya. Namun berbeda ya!

Nirwana

Nirwana juga merupakan kata indah dalam Bahasa Indonesia yang mungkin sudah tidak asing lagi. Sesuai kosakatanya yang indah, Nirwana berarti juga surga atau arti lainnya merupakan konsep Buddha tentang keadaan setelah mati yang tanpa penderitaan (sehingga tidak perlu bereinkarnasi).

Sabitah

Mungkin terdengar seperti bintang, betul sekali, Sabitah adalah bintang yang dari Bumi, posisinya tampak tetap, tidak bergerak. Ini merupakan bintang penunjuk arah bagi nelayan.

Sandyakala

Tidak jauh berbeda keindahan kata ini dari Sabitah, Sandyakala yang tidak ada dalam KBBI ini artinya cahaya merah saat senja. Jadi ingat kata “senjakala” di tulisan Bre Redana, mungkin artinya sama.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Swastamita

Kata indah dalam Bahasa Indonesia ini juga tidak akan kita temukan dalam di KBBI jika kamu ingin mencarinya. Arti dari kata ini merupakan pemandangan indah saat matahari terbenam. Wah, keren ya, sesuai dengan artinya.

Nirmala

Hampir mirip dengan Nirwana penyebutannya. Namun kamu yang suka membaca malajah Bobo dulu, mungkin sudah tidak asing dengan kata ini.

Benar sekali, dalam Cerita dari Negeri Dongeng, Nirmala adalah nama seorang peri cantik yang baik hati. Uniknya, ternyata kata ‘nirmala’ adalah sebuah kosakata dalam bahasa Indonesia yang berarti tanpa cacat cela, bersih, suci, tidak bernoda.

Klandestin

Indah dan unik mungkin dua kata yang cocok untuk mendeskripsikan kata ini. Menurut KBBI, ‘klandestin’ merupakan kata kerja yang memiliki makna secara rahasia, secara gela, atau secara diam-diam.

Nuraga

Melihat kata indah dalam Bahasa Indonesia ini, cocok juga dijadikan sebagai nama lho. Menurut KBBI, ‘Nuraga’ merupakan kata arkais yang menandai bahwa kata tersebut tidak lazim. ‘Nuraga’ sendiri memiliki arti simpati atau berbagi rasa.

Suryakanta

Siapa sangka, kaca pembesar ternyata memiliki padanan kata yang indah, seperti ‘suryakanta’.

Pancarona

Menurut KBBI, ‘pancarona’ termasuk salah satu kata klasik yang menandai bahwa kata tersebut digunakan dalam ragam kesusastraan Melayu Klasik. ‘Pancarona’ sendiri memiliki arti; bermacam-macam warna atau pancawarna.

Menjura

Menjura artinya membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan (dengan maksud menghormat).

Saujana

Kata indah dalam Bahasa Indonesia ini tidak ada dalam KBBI. Namun, jika kamu merupakan pendengar setia KLa Project, arti dari kata saujana adalah sejauh mata memandang.

Meraki

Kata ini memiliki arti melakukan sesuatu dengan cinta, kreativitas, dan sepenuh jiwa.

Wiyata

Kata yang indah selanjutnya ini dalam KBBI, ‘wiyata’ tercatat sebagai kata benda yang memiliki arti; pengajaran atau pelajaran.

Itulah kata-kata indah dalam Bahasa Indonesia yang jarang digunakan. Semoga dapat menambah pengetahuannya ya! (mta)

Sumber: Orami

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: