653 PNS Ditarik Pemprov Jateng

   BNews– MAGELANG– Penataan organisasi perangkat daerah (OPD) berimplikasi pada ditariknya sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) ke Pemprov Jawa Tengah. Data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ada 653 PNS Pemkab Magelang yang ditarik ke pemprov.
       653 PNS itu selama ini mengabdi di lingkup Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora), Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan dan Perhutanan (Distanbunhut) dan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan
(BP2KP).
     Kepala BKD kabupaten Magelang Eri sadeo mengatakan Hal itu sebagai konsekuensi diberlakukannya Undang-Undang Nomor 32/2014 dan Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 120/5935/SJ.
        Dia merinci sejumlah pegawai yang ditarik diantarnya tenaga guru dan tenaga kependidikan di jenjang SMA/SMK, enam PNS pengawas ketenagakerjaan, dan empat PNS perhubungan. Serta PNS yang menangani urusan pemerintahan bidang I Kehutanan selain yang melaksanakan pengelolaan taman hutan raya (tahura) 17 orang.
        “Setelah kepegawaiannya beralih status, gaji mereka akan menjadi tanggung jawab Pemprov Jateng per 1 Januari 2017. Selain itu, ada dua PNS bidang ESDM yang menurut rencana juga akan diambil oleh pemerintah pusat,” kata Eri Sadewo, kemarin.
      Menyinggung status kepegawaian Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), menurut dia, masih menjadi tanggung jawab Pemkab Magelang. Sejatinya, pengalihan hanya merubah status kepegawaiannya saja. Dialihkan dari pegawai pada Pemkab Magelang menjadi PNS pada pemerintah pusat, yaitu Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).
      “Pelayanan dan tugas tetap ada. Namun, sampai saat ini rencana pengalihan tersebut belum dapat ditindaklanjuti karena adanya kebijakan penundaan dari pemerintah pusat. Sehingga sebelum ada ketetapan baru yang memastikan status kepegawaiannya, para PLKB tersebut masih tetap menjadi PNS pada Pemkab Magelang, termasuk beban penggajiannya,” kata Ery Sadewo. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: