Ada 5 Peristiwa Sejarah yang Terjadi pada 15 Agustus, Apa Saja?

BNews—SEJARAH— Ada banyak peristiwa penting dan bersejarah yang pernah terjadi baik di Indonesia maupun luar negeri pada tanggal 15 Agustus. Misalnya, pada 15 Agustus 1945, Jepang menyatakan menyerah tanpa syarat kepada sekutu.

Peristiwa tersebut berkaitan erat dengan Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Nah, apa saja peristiwa sejarah lainnya yang terjadi pada 15 Agustus? Berikut rangkumannya!

Kelahiran Napoleon Bonaparte

Pada 15 Agustus 1769, lahirlah Napoleon Bonaparte. Ia lahir di Ajaccio, Corsica, Prancis dan lantas dikenal sebagai kaisar Prancis yang memerintah dari 1804 hingga 1814 dan memerintah kembali pada 1815 selama tiga bulan.

Napoleon Bonaparte mangkat pada 5 Mei 1821 setelah kondisi kesehatannya terus memburuk.

Vacuum of Power, Jepang Menyerah kepada Sekutu

Tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat ke Sekutu dan terjadi kekosongan kekuasaan (vacuum of power) di Indonesia. Enam hari setelah tragedi bom Nagasaki, Jepang mengumumkan menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.

Kekalahan Jepang diumumkan oleh Kaisar Jepang Hirohita di stasiun radio nasional. Menyerahnya Jepang tanpa syarat menjadi akhir dari Perang Dunia II.

Pada 15 Agustus tahun yang sama pula, golongan muda mendesak Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan paling lambat 16 Agustus 1945.

Soekarno menolak karena ingin meminta pendapat para anggota PPKI. Pasalnya golongan muda menganggap bahwa PPKI merupakan bentukan Jepang, dan mereka menginginkan kemerdekaan dengan kekuatan sendiri.

Sutan Syahrir yang termasuk dalam golongan muda merupakan tokoh pertama yang mendesak Soekarno-Hatta untuk segera melakukan proklamasi.

Selanjutnya rapat resmi dilangsungkan di Pegangsaan Timur Jakarta pada 15 Agustus 1945, dihadiri oleh Djohar Nur, Subianto, Armansyah, Chairul Saleh, Kusnandar, Wikana, Margono, dan Subadio.

Hasil rapat yang dipimpin oleh Chairul Saleh tersebut memutuskan bahwa kemerdekaan Indonesia tidak harus menggantungkan pada pihak lain, dan merupakan hak rakyat.

Meski keputusan rapat yang menjadi bagian sejarah kemerdekaan Indonesia itu telah disampaikan kepada Soekarno-Hatta, mereka tetap bersikeras dengan pendiriannya yaitu proklamasi harus dilangsungkan melalui PPKI.

Sehingga pada akhirnya golongan muda membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok, salah satu daerah di Kabupaten Karawang.

Kemerdekaan India

Pada 15 Agustus 1947, India meraih kemerdekaan penuh dan mengakhiri kekuasaan Inggris di India yang sudah berlangsung selama hampir 190 tahun. Mahatma Gandhi dianggap menjadi orang yang memiliki jasa besar atas kemerdekaan India. 

Belanda Serahkan Papua bagian Barat ke Indonesia lewat UNTEA

Pada 15 Agustus 1962, Indonesia dan Belanda menandatangani Perjanjian New York di New York, Amerika Serikat (AS).

Perjanjian tersebut berisi tentang penyerahan wilayah Papua bagian barat kepada United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA) atau Otoritas Eksekutif Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa yang kemudian diserahkan kepada Indonesia.

Berdamai, GAM dan Pemerintah Indonesia Akhiri Konflik

Pada 15 Agustus 2005, konflik antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan pemerintah Indonesia berakhir dengan penandatanganan nota kesepahaman di Helsinki, Finlandia.

Dari kesepakatan tersebut, GAM menyatakan mengakhiri usahanya untuk memisahkan diri dari Indonesia. Sebelumnya, konflik GAM-Indonesia telah berlangsung selama 29 tahun dan merenggut hampir 15.000 korban jiwa. (mta)

Sumber: Kompastv

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: