Ada Magelang, Ini 7 Kota Termungil di Indonesia

BNews—MAGELANG— Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke memiliki 514 kabupaten dan kota. Terdiri dari 416 kabupaten dan 98 kota.

Kabupaten dan kota di Indonesia memiliki luas wilayah yang berbeda-beda. Dengan potensi unik yang dikelola melalui otonomi daerah atau otoda.

Namun rupanya, ada beberapa kota yang dijuluki sebagai kota terkecil di Indonesia karena luas wilayahnya. 

Seperti yang diunggah akun @fendy di aplikasi video music TikTok. Dalam video berdurasi 27 detik itu, Fendy mengemas pengetahuan tentang kota terkecil di dunia dengan cara unik nan asyik.

”7 Kota Paling Kecil di Indonesia,” tulis dia seperti dikutip Borobudur News, Selasa (29/12).

Urutan pertama ada Kota Sibloga di Provinsi Sumatera Utara. Kota yang berada di kawasan Teluk Tapian Nauli ini memiliki luas sebesar 10,77 kilometer persegi.

Peringkat dua, ada Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Daerah berjuluk Kota Onde-onde ini memiliki luas 16,47 kilometer persegi.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Posisi ketiga ada kota terindah nan penuh kenangan, yakni Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kota berjuluk ’de Tuin Van Java’ atau Taman Pulau Jawa ini memiliki luas wilayah 18,12 kilometer persegi.

Nomor empat ada Kota Padang Panjang di Provinsi Sumatera Barat. Kota Serambi Mekkah ini memiliki luas 19,89 kilometer persegi.

Selanjutnya ada Kota Bukittinggi. Kota dengan perekonomian terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat ini berada di posisi lima dengan luas 25,24 kilometer persegi.

Kemudian ada Kota Jogjakarta di Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Kota berjuluk Indonesia Mini karena hampir semua suku yang berada di Jogja ini memiliki luas kewilayahan 32,50 meter persegi.

Terakhir ada Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. Kota tak pernah sepi dari wisatawan yang berziarah ke pusara Presiden Pertama RI Ir Soekarno ini menduduki peringkat 7 dengan luas 32,58 kilometer persegi.

Warga internet (warganet) Magelang yang juga pengguna aplikasi TikTok merasa bangga ketika kotanya disebut. Bahkan mereka ada yang mengungkapkan kerinduannya hingga tak segan ikut mempromosikan untuk berkunjung Kota Magelang.

”Kotaku punya Sejuta Bunga. Mampir yuk ke Magelang ada Borobudur lo,” kata akun @benalu25. Secara general, Candi Borobudur berada di Magelang. Namun, secara letak geografis, letaknya berada di Kabupaten Magelang.

”Magelang emang kecil, tapi kenapa Gue sering kesasar sendiri ah elah,” ungkap @mettaaaaarrrrr.

”Gue dari Magelang. Rumah Gue dekat dari UNIMMA itu,” bangga @anaktengaperempuanalone

”Magelang dan Jogja walaupun kecil tapi tetap istimewa kok,” ucap @qonn6

”Jogja-Magelang kecil-kecil gitu bikin kangen,” sambung @mmatchha.

”Magelang ngangenin orangnya wkwk,” imbuh @heiyovlara.

Sejak diunggah, video viral ini telah disukai lebih dari 615 ribu, 33,3 ribu komentar dan dibagikan melalui aplikasi pesan instan WhatsApp sebanyak 3.600 kali. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: