Ada Museum Santet di Indonesia? ini Daftar Museum Unik Lainnya

BNews–NASIONAL– Bukan Indonesia jika tidak ada hal yang unik dan menarik di wilayahnya. Kali ini terkait dengan sebuah tempat yang patut kalian kunjungi, yakni Museum.

Museum menjadi tempat yang tepat buat kamu yang ingin menikmati wisata sejarah.

Saat mengujungi museum, kamu tentu disuguhkan berbagai benda-benda antik; atau koleksi yang menggambarkan sejarah di masa lampau.

Tapi, pernahkah kamu mengunjungi museum yang menyuguhkan berbagai benda koleksi unik dan tak biasa? Ya, deretan museum ini dijamin bakal buatmu takjub dengan beragam koleksinya.

Selain mampu menambah pengetahuan dan wawasan, kamu mampu mengetahui hal yang belum pernah sama sekali dalam bayangan kalian. Karena kali ini museum yang akan di rekomendasikan bisa dikatakan lain dari pada yang lain.

Uniknya lagi, museum ini resmi menjadi salah satu obyek wisata di daerahnya. Dan banyak pengunjung yang hadir setiap harinya.

Kenapa unik?, karena terdapat mulai dari Museum Nyamuk hingga Museum Kematian di dalamnya. yuk simak tujuh museum terunik yang ada di Indonesia.

Loading...
1. Museum Nyamuk, Pangandaran

Museum yang berada di Pangandaran, Jawa Barat, ini memiliki koleksi berbagai jenis nyamuk yang ada di Indonesia. Hingga obat-obatan untuk penangkal nyamuk.

Kurang lebih ada 80 spesies nyamuk dari 6 genus yang berbeda; di antaranya Cules, Manosnia, Toxorynchites, dan Aedes Aegypti.

Tahukah kalian, Museum ini dikelola oleh Kementerian Kesehatan RI ini.  

Museum nyamuk satu-satunya di Indonesia ini terletak di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.

Selain memiliki koleksi berupa nyamuk, museum yang berdiri di lahan seluas 2.000 meter persegi itu juga dilengkapi dengan gedung sinema; ruang multimedia, dan ruang cenderamata.

2. Museum Anak Kolong Tangga, Yogyakarta

Lokasi unik lainnya berada di Kota Pelajar, Yogyakarta yang bernama Museum Pendidikan dan Mainan Anak Kolong Tangga. Lokasi ini pertama dan satu-satunya di Indonesia ini berdiri sejak tahun 2008.  

Tempat ini berdiri berkat inspirasi seniman dari Belgia, Rudi Corens, yang merupakan kolektor mainan dari berbagai negara.   

Kini koleksi dari Museum Kolong Tangga sudah mencapai 10 ribu buah yang terdiri dari mainan action figure, koleksi perahu hingga mainan zaman dahulu. Seluruh mainan yang dipajang juga tak hanya dari Indonesia saja, tetapi ada juga yang berasal dari luar negeri.

3. Museum Tanah, Bogor

Museum yang bekerja sama dengan International Soil Reference and Information Centre (ISRIC) Wageningen, Belanda, ini merupakan tempat menyimpan model dan contoh tanah yang ada di Indonesia.  

Koleksi museum ini berupa tanah yang dipamerkan dalam ukuran kecil berupa makromonolit dan berbagai macam batuan.

Ada juga biodiversitas organisme tanah, pupuk, perangkat uji tanah, alat survei tanah, dan sebagainya. Jika penasaran langsung saja datang ke jalan Insinyur Haji Djuanda, Kota Bogor.  

4. Museum Tubuh Bagong, Malang

Museum yang berada di Malang ini menampilkan organ-organ tubuh manusia dalam bentuk visual 3 dimensi.

Ukuran organ yang ditampilkan juga besar. Tentunya para pengunjung bisa masuk ke dalamnya.

Tujuan didirikan museum ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai bentuk dan cara kerja organ tubuh manusia.   

Museum Tubuh Bagong memiliki enam lantai yang terdiri dari 13 zona, yaitu otak, mulut, gigi, telinga, hidung, mata, paru-paru, jantung, hati, usus besar, usus halus, lambung, pembuluh darah, dan tulang.  

5. Museum Kesehatan alias Museum Santet, Surabaya

Masih dari daerah Jawa Timur dan masih juga mengenai kesehatan. Kali ini ada Museum Kesehatan atau yang lebih dikenal sebagai Museum Santet yang berdiri sejak 1990.  

Museum yang didirikan untuk menyimpan dan melestarikan benda-benda bernilai di dunia kesehatan ini memiliki berbagai macam koleksi.

Sebut saja peralatan kesehatan, benda bersejarah dalam pelayanan kesehatan dari berbagai daerah, ras/etnis, agama, dan sebagainya.   

Bahkan Museum Kesehatan menyimpan peralatan santet dan foto rontgen organ yang terkena santet, lho. Kalau kamu penasaran segera berkendara ke jalan Indrapura Jaya No.17, Kemayoran, Krembangan, Surabaya, ya.

6. Museum Kematian, Surabaya

Surabaya seakan tidak pernah habis dengan koleksi museum uniknya. Kalau sebelumnya kamu bisa menemukan Museum Kesehatan, ternyata ada juga satu museum yang menampilkan segala hal tentang kematian, lho.  

Mulai dari peristiwa kematian paling konyol, pemakaman paling mahal, sampai upacara adat memakamkan seseorang.   

Di dalam Museum Kematian ternyata ada banyak pengetahuan tentang upacara adat pemakaman jenazah.

Dimana prosesi tersebut masih ada sampai sekarang di Indonesia.  

Museum Kematian ini sejatinya bernama Museum Etnografi dan Pusat Kajian Kematian yang dikelola oleh Departemen Antropologi Unair.

Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Museum Kematian.  

Museum ini terletak di kompleks Universitas Airlangga (Unair) Kampus B, seberang gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip).    

7. Museum Rekor Indonesia (MURI), Semarang

Dari Jawa Timur bergeser sedikit ke kota Semarang, Jawa Tengah, kamu bisa menemukan museum unik yang tak kalah menariknya.

Museum Rekor Indonesia (MURI) menyimpan berbagai rekor yang pernah dipecahkan di Indonesia.

Untuk menambah pengetahuan tentang rekor yang ada di Indonesia, kamu bisa datang langsung ke museum yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang.

Semoga review museum unik dapat menambah list kunjungan anda. Semoga bermanfaat. (*/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: