Merapi Kembali Erupsi Suara Gemuruh Terdengar Hingga Puluhan Kilo

BNews—DUKUN—Merapi kembali meletus pada pukul 08.20 wib pada awal Juni ini (1/6). Terpantau tinggi kolom 6000 meter dan arah angina barat laut.

 

Suara getaran terasa sampai wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang yang berjarak lebih dari 20 km. Sama halnya masyarakat di Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang berhamburan keluar kejalan untuk melihat kepulan asap merapi yang membumbung tinggi.

 

Dari rils BPPTKG Yogyakarta letusan hanya terjadi sekitar 2 menit.  Status merapi masih tetap waspada, serta beluma ada himbauan untuk mengungsi cukup antisipasi turunya Hujan Abu di daerah barat laut merapi.

 

Kolom abu juga teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong kea rah barat. Erupsi ini terekam di seismograg dengan amplitude maksimum 77 mm.

 

Dari informasi relawan lapangan telah terjadi hujan abu dan krikil di wilayah perbatasan Magelang-Boyolali. Antara lain wilayah Jrakah Boyolali dan Wonolelo, Ketep Pass Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang dan sekitarnya.

 

Situasi lalu lintas di daerah Kecamatan Dukun juga semrawut karena panic. Sekolah-Sekolah yang sedang melaksanakan upacara hari lahir Pancasila juga langsung berhamburan dipulangkan oleh pihak sekolahan.

 

Pasar Kecamatan Dukun, yakni pasar talun juga terjadi kepanikan. Pedagang dan pembeli berhamburan keluar pasar untuk pulang kerumah atau mencari informasi yang terjadi.

 

Namun hingga berita ini diunggah banyak masyarakat yang masih berkumpul di titik kumpul. Tetapi banyak juga yang sudah beraktifitas seperti biasanya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: