Aksi Sedekah Cantelan Diinisiasi Warga Secang Untuk Kepedulian

BNews–SECANG– Tingkat kepedulian sesama warga di Kabupaten Magelang ditengah pandemi covid-19 terus tumbuh. Aksi saling jogo tonggo diperlihatkan juga oleh warga di Tegowanon Payaman Secang.

Mereka menyusun program Sedekah Cantelan untuk berbagi kepada warga yang membutuhkan. Dan ternyata hal tersebut banyak diminati dan bermanfaat bagi masyarakat terdampak Covid 19.

Program tersebut diinisiasi oleh Syamsul Fauzi, 49, warga Tegowanon Payaman Magelang. “Awalnya saya dihubungi salah satu inisiator program Cantelan Kagama Care Yogyakarta. Saat itu ditawari untuk mengembangkan program Sedekah Cantelan ini di wilayah Kabupaten Magelang,” katanya kemarin (17/6/2020).

Menurutnya, karena Kagama Care Cantelan belum ada yang membuka di Kabupaten Magelang maka ia melakukan survey dan sharing dengan warga serta tokoh dusun. “Setelah dilakukan musyawarah maka program sedekah cantelan ini dimulai,” imbuhnya.

Syamsul memulainya dengan mencantelkan kantong-kantong plastik di pagar rumah pribadinya.

“Pertama saya cantelkan tujuh kantong plastik atau paket berisi bahan-bahan pangan, pada hari ke 2 membuat 9 paket. Ternyata partisipasi warga yang ikut mencantelkan bertambah hingga menjadi 21 paket,” paparnya.

Ia mengungkapkan, paket-paket tersebut langsung habis kurang lebih selama dua jam. “Kita mulai cantelkan sejak pukul 07.00 wib. Dan sekitar pukul 09.00 wib sudah habis diambil warga yang membutuhkan,” jelas alumni Fakultas Pertanian UGM ini.

Loading...

Melihat aksi tersebut, sejumlah warga ikut membantu mendukung program tersebut. Karena semakin ramai, atas usulan warga dihari ketiga lokasi cantelan digeser ke lokasi yang lebih luas.

“Hal ini agar lebih banyak menampung paket cantelan sembako dari warga dan untuk warga tersebut,” ungkapnya.

“Alhamdulillah sampai hari ini 17 Juni 2020 atau hari ke 7, semakin berkembang donasi dari warga. Paket cantelan semakin banyak yang berdonasi, rata-rata 30 paket setiap harinya,” ungkapnya.

“Jadi paket sembako ini bisa diambil siapapun warga kami yang memang benar-benar terdampak Covid-19. Dan semoga mampu sedikit membantu dari warga untuk warga, serta saling jogo tonggo,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: