Asyik.. Wisata Ala Pantai Ladon Little Island Borobudur Sudah Buka Kembali

BNews—BOROBUDUR— Kabar baik bagi traveller. Destinasi Wisata Ladon Little Island kembali dibuka bagi wisatawan, tepatnya pada Minggu (30/5), setelah enam bulan ditutup oleh pengelola.

Bagi yang belum tahu, Ladon Little Island merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan alam dengan hamparan pasir putih bak di pantai. Jaraknya juga cukup dekat yakni hanya lima menit dari Candi Borobudur.

Pembukaan diawali dengan prosesi slametan jenang merah putih dan sego kluban. Dengan harapan, semua diberi kelancaran dan keselamatan.

Ketua Pengelola Ladon Little Island, Sukatman menuturkan, destinasi wisata yang terletak di bibir Kali Progo ini tutup terakhir pada Oktober 2020. Faktor cuaca seperti datangnya musim penghujan dan debit air naik menjadi alasannya.

”Melihat sekarang sudah mulai datang musim kemarau, tempat kemarin jadi andalan bisa digunakan. Jadi Ladon Little Island bisa kembali dinikmati wisatawan,” tuturnya, Minggu (30/5).

Selain menikmati panorama alam Perbukitan Menoreh, wisatawan bisa menikmati kuliner hingga membeli suvenir di Pasar Klathakan. Jika belum cukup, wahana top selfie, berkuda hingga rafting bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu di sana.

Ketua Pengelola Ladon Little Island, Sukatman.

Untuk naik kuda di atas hamparan ’pasir pantai’, pengunung cukup membayar sekitar Rp20ribu perputaran dan selfie Rp10 ribu. Sementara untuk kapal karet Rp40 ribu sekali jalan.

”Perahu karet isinya enam orang; empat pengunjung dan dua operator. Sudah termasuk pelampung dan helm,” ujar Sukatman.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Ia menjelaskan, wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00WIB. Di hari pertama ini pihaknya mencatat ada ratusan pengunjung yang datang. Meskipun rata-rata masih wisatawan lokal Magelang.

”Ke depan minimal bisa seperti tahun kemarin. Semoga lebih bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Salah satu pengunjung asal Tangerang Selatan, Edi Sasmito bersama istri mengaku baru pertama kali datang ke Ladon Little Island. Kesan pertama yang ia rasakan saat menginjakkan kaki di wisata yang terletak di Dusun Sangen, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur ini adalah teringat masa kecil.

Wisatawan asal Tangerang Selatan, Edi Sasmito bersama istri di Ladon Little Island.

”Ini hari pertama kami liburan. Niatnya cari sarapan di Warung De’menake (Kompleks Semesta Area) tapi ramai. Terus ke Balkondes tapi tutup. Akhirnya kami ke Ladon Little Island. Tempatnya enak banget buat nyantai,” ujar pria 52 tahun ini.

Wisatawan yang ingin menuju Ladon Little Island tersebut sangat mudah sekali. Untuk rute pertama yang dituju, pengunjung bisa datang ke Semesta Area. Atau langsung mengikuti petunjuk arah hingga pinggiran Kali Progo.

Setelah sampai di lokasi, pengunjung akan ditarik retribusi parkir mobil Rp5ribu serta Rp2ribu untuk sepeda motor dan sepeda angin. Khusus sepeda angin bisa dibawa masuk dengan biaya ekstra Rp1 ribu.

Sementara untuk tiket masuk bayi di baah lima tahun (balita) Rp3 ribu dan dewasa Rp5 ribu. Destinasi wisata yang dikelola pemuda Sangkur (Sangen Akur) ini menerapkan prosedur kesehatan seperti masuk wajib memakai masker, pengecekan suhu badan dan rajin cuci tangan.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung atau sekedar bertanya tentang Ladon Little Island, bisa mengunjungi akun Instagram @ladonlittleisland. Atau menghubungi contact person Sukatman di 0819-1541-9392. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: