Atasi Sampah, Desa Di Klaten Budidaya Lalat Tentara Hitam

BNews—KLATEN—Pemerintah Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten membudidaya daya maggot alias belatung dari black soldier fly (BSF) atau lalat tentara hitam. Sebagai salah satu upaya untuk mengatasi persoalan sampah dan juga mendatangkan nilai ekonomi.

Kepala Desa (Kades) Joho Klaten, Yulis Tanto menilai dengan adanya maggot BSF tersebut mampu mengurai sampah organik yang jumlahnya mencapai 3 kuintal per hari yang ada di desanya. Perlu diketahui bahwa manggot ini memakan limbah organik sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengurai permasalahan sampah.

”Beberapa tahun lalu ada tempat pembuangan akhir di Desa Joho. Karenanya muncul ide budi daya lalat yang dapat mengurai sampah,” kata Yulis beberapa waktu lalu.

Yulis mengatakan, pihaknya bisa mengangkut dua hingga tiga kuintal sampah organik setiap harinya untuk bahan makanan maggot. Artinya, keberadaan maggot ini sangat dibutuhkan sebagai pengurai sampah.

 ”Maggot ini mengakibatkan sampah tidak berbau. Ini yang dibutuhkan Joho saat sekarang,” paparnya.

Dia menjelaskan, pihaknya membeli lalat BSF kemudian membuat rumah lalat di belakang kantor desa yang dibudi daya oleh kelompok wanita tani (KWT) Gemah Ripah di RT 015/RW 005. Untuk rumah lalat yakni berukuran 2 meter X 3 meter.

Lanjut Yulis, perawatannya dengan cara memberi minum air bersih minimal dua kali sehari dan di dalam rumah lalat disediakan daun serta pelepah pisang yang sudah mengering. Dinilai, dengan media tersebut lalat akan tumbuh dan berkembang biak sendiri.

Sementara siklus lalat BSF berkisar 14 hari, yakni lalat jantan akan mati pasca-kawin sedangkan yang betina akan mati setelah bertelur. Untuk telur BSF akan berubah menjadi maggot BSF atau sejenis belatung, dari telur dan maggot inilah yang akan memiliki nilai ekonomi.

Magot BSF cocok sebagai pakan ternak lele, ayam, itik, dan jenis unggas lainnya. ”Harga telur BSF bernilai Rp10.000 per gram sedangkan maggot BSF dijual Rp7.000 per gram,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: