Awasi Jalan Tikus Jadi Alternatif Mudik, Polres Magelang Monitor Lewat PPKM Mikro

BNews—MAGELANG— Polres Magelang tak setengah-setengah dalam mewaspadai masyarakat yang nekat mudik. Hal ini terkait kebijakan larangan mudik lebaran tahun 2021.

Selain terus melakukan operasi yustisi dan sosialisasi larangan mudik, jalan tikus yang menjadi alternatif jalur mudik menjadi atensi. Polres Magelang akan melakukan monitoring melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

”Jalur tikur tetap kita pantau, bahkan dengan adanya PPKM Mikro. Para Bhabinkamtibmas dan Babinsa wajib mendeteksi siapa yang baru datang dari luar daerah,” kata Kapolres Magelang, AKBP Ronald A Purba pada Selasa (27/4/2021).

Dia menjelaskan, bila ada pemudik yang sudah terlanjur lolos melalui jalur tikus, maka akan langsung dilakukan testing. Hal ini guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

”Pendatang akan langsung di testing, kita berharap tidak membawa virus corona. Bila sampai di Magelang ternyata reaktif, maka akan diberlakukan langkah-langkah selanjutnya sesuai protokol kesehatan,” jelas Ronald.

Diberitakan sebelumnya, Sejumlah kendaraan khususnya plat nomor luar Jawa Tengah diberhentikan di perbatasan Jateng-DIY, Tugu Ireng Salam, Kabupaten Magelang pada Selasa (27/4/2021).

Hal tersebut dalam rangka operasi yustisi gabungan dari beberapa instansi. Yang mana bertujuan untuk mengantisipasi pemudik-pemudik yang masuk ke wilayah Jateng khususnya Magelang.

”Sesuai anjuran pemerintah untuk tidak mudik, maka kami jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan ini,” kata Kapolres Magelang, AKBP Ronald A Purba. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: