Bangkok Ganti Nama Jadi Krung Thep Maha Nakhon

BNews—INTERNASIONAL— Ibu kota Thailand, Bangkok, resmi ganti nama menjadi Krung Thep Maha Nakhon atau Krung Thep. Kantor Royal Society (ORST) telah mengumumkan penggantian nama resmi ibu kota Thailand dari Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon. Namun, nama Bangkok tetap diakui.

Dilansir dari Bisnis.com pada Sabtu (19/2/2022), kabinet setempat pada hari Selasa (15/2/2022) menyetujui rancangan pengumuman Kantor Perdana Menteri tentang nama-nama negara, wilayah, zona administratif, dan ibu kota yang diperbarui. Seperti yang diusulkan oleh ORST.

Namun, nama resmi baru Bangkok, Krung Thep Maha Nakhon, tidak akan berlaku sampai diperiksa oleh komite. Yang bertugas memeriksa semua rancangan undang-undang.

Kabinet juga meminta panel mempertimbangkan tambahan pengamatan dari Kementerian Luar Negeri.

Krung Thep Maha Nakhon, secara harfiah berarti kota besar para malaikat.

Kebanyakan orang Thailand menyingkatnya menjadi Krung Thep saja dalam percakapan.

Nama Thailand untuk Bangkok. Krung Thep Maha Nakhon, sebenarnya adalah bentuk pendek dari nama lengkap ibu kota yang berakar pada bahasa Pali dan Sansekerta.

Nama itu lebih merupakan frasa untuk menggambarkan kota daripada nama. Yakni Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!