PNS Bakal Dapat Libur Hari Jumat Sabtu dan Minggu

BNews—NASIONAL— Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wacanakan libur kerja mulai hari jumat. Namun jam kerja setiap harinya ditambah.

Hal ini disampaikan Komisioner KASN Waluyo Martowiyoto beberapa waktu lalu terkait kajian skema jam kerja PNS pada tahun 2020. “Hal ini untuk tambahan libur PNS, namun dimungkinkan tanpa harus mengurangi jam kerja. Jadi jam kerja setiap hari diperpanjang sehingga ada ruang untuk menambah libur,” katanya (3/12).

“Berarti kalau dua minggu harusnya 10 hari kerja 80 jam. Itu bisa kita ubah nantinya adalah 9 hari kerja 80 jam, 80 jamnya tetap, tapi sembilan hari kerja sekitar dua minggu,” imbuhnya.

Dia menjelaskan itu adalah konsep compressed work. Di mana jumlah hari kerja per minggu dikurangi dan jumlah jam kerja per hari otomatis akan menjadi lebih panjang.

“Sehingga mungkin setiap hari Jumat ganjil atau genap bisa libur, gitu kan. Ini yang mengenai compressed work-nya,” tegasnya.




Terkait hal tersebut, dia menjelaskan KASN sedang menyiapkan konsep Flexible Working Arrangement (FWA), di mana PNS dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tempat, waktu dan cara kerja yang fleksibel.

Namun, ada pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum konsep tersebut diimplementasikan, yaitu dengan melihat kinerja para PNS saat ini.”Flexible Working Arrangement ini sebetulnya kita siapkan ini bagian dari flexy time. Kemudian flexy working space. Ini yang nantinya sebetulnya kita harap bersama. Tapi flexible working ini tidak akan bisa bekerja sebelum pelaksanaan manajemen kinerja itu berjalan dengan efektif,” paparnya.

Dia melanjutkan, PNS yang memilih libur saat hari ‎kerja juga harus disiplin dalam pembagian tugas dengan rekannya, agar pelayanan publik tetap berjalan dengan baik.

“Pelayanan publik tetap harus jalan, sehingga harus dengan yang mempunyai kewajiban pelayanan yang sama dia tetap harus masuk bergantian. Ini yang namanya jobs sharing,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: