Bank Sampah Dan Budidaya Lele Jadi Fokus Kelompok PPMT Di Mertoyudan

BNews–MAGELANG– Akhir tahun 2020 Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menerjunkan mahasiswanya kembali di tengah masyarakat. Mereka melaksanakan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT).

Kali ini kelompok PPMT terjun di sebuah wilayah di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Tepatnya di Dusun Sanggrahan Desa Bumirejo Kecamatan Mertoyudan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan karena mengingat pandemi virus corona Covid-19.

Kali ini kelompok PPMT terdiri dari satu dosen pembimbing sekaligus ketua kelompok, yakni Ari Suryawan, M.Pd  dan 5 mahasiswa UNIMMA. Mereka yakni Arsita Dwi Amelia, Rizki Dewi Lestari, Novansyah Caesar, Feby Tri Arwina dan Muhkamad Maftuh Sangiba.

Secara umum, kegiatan PPMT tersebut memiliki tujuan untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada disekitar masyrakat. Dimana mahasiswa wajib terjun langsung dan membantu masyrakat dengan tindakan nyata.

Untuk kelompok PPMT kali ini mengungsung tema yaitu “Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga Dengan Optimalisasi Pembibitan Lele, Tanaman Jahe Dan Pengelolaan Bank Sampah Di Dusun Sanggrahan Desa Bumirejo”.

Tema program kerja yang pertama yaitu memanfaatkan jahe menjadi sirup. Mahasiswa PPMT ini berharap masyarakat bisa menerapkan pembuatan sirup jahe sehari-hari; hal ini agar bisa meningkatkan imun dalam tubuh sebagai  kekebalan dalam tubuh agar tidak terpapar virus Covid-19.

Loading...

Untuk program kerja kedua adalah penyerahan 1.400 bibit dan pembibitan ikan lele kepada warga. Hal ini karena banyak warga yang mempunyai lahan yang yang luas sehingga lebih baik dimanfaatkan untuk pembibitan ikan lele.

Selanjutnya, program kerja terakhir adalah  tentang Bank Sampah. Dimana masyarakat didampingi dalam membentuk dan mengelola Bank Sampah di lingkungannya.

Dengan prorgam tersebut, Mahasiswa PPMT ini berharap masyarakat bisa memanfaatkan sampah dan mendapat penghasilan dari sampah yang ditukarkan di Bank Sampah . Tentuya sekaligus merawat lingkungan.  (adv)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: