1901 Bergodo Meriahkan Kirab Budaya di Muntilan




BNEWS-MUNTILAN—Sebanyak 1901 bergodo membawa tombak dan bambu runcing membuka rombongan kirab budaya Muntilan siang hari ini (20/8). Kirab dengan start monument bamboo runcing dengan panggung kehormatan di depan kantor Kecamatan Muntilan dan berkahir di daerah Wonoleo dipadati ribuan penonton sepenjang jalan Magelang Yogkyakarta.
Ketua Panitia Sudjadi menerangkan bahwa rangkain acara ini sebagai bentuk syukur masyarakat Muntilan untuk merayakan kemerdekaan RI ke-72. “ Selain dalam rangka HUT RI ini juga sebagai ulang tahun Kota Muntilan yang ke 116 yang sebanarnya tepat pada 1 Agustus 2017 kemarin,” katanya dalam sambutan di depan Bupati Magelang Zaenal Arifin.
Loading...
Terungkapnya sejarah Kota Muntilan yang dulunya pusatnya berada di Mbolinggo daerah Gulon Kecamatan Salam dan pindah disini pada 1 Agutsus tahun 1901.” Maka dari itu jumlah bergodo ini ada 1901 orang yang berasal dari pelajar di Muntilan dari tingkat SD-SMA/SMK,” imbuhnya.
Rombongan karnaval mulai dari sekolah-sekolah yang ada di Muntilan, Kelompok Kesenian, Potensi Desa dan komunitas-komunitas yang berada di Muntilan menyedot perhatian ribuan masyarakat di event tahunan ini. Selain itu kota Muntilan juga ditetapkan menjadi Kota Pramuka pada 13 Agustus beberap tahun yang  lalu.
Bupati Magelang Zaeanl Arifin yang menerima secara simbolis mustoko camat yang meneceritakan perpindahan kekuasaan dari Mbolinggo yang dulu dan kemudian diserah ke camat yang sekarang menjabat. “ Saya sangat aprisisasi terungkapnya sejarah ini, menjadi sebuah pengetahuan besar bagi kita semua dan kedepan,” katanya.

“ Kedepan mau siapapun yang menjabat camat di Muntilan tentunya tetap mementingkan kesehjateraan dan kemakmuran masyarakat di bawah NKRI, “ pungkasnya. (BSN)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: