JOKOWI : Bantuan Sosial Tunai Kemensos Harus Dipercepat Pencairannya

BNews–NASIONAL-– Pencairan bantuan Kementrian Sosial dipercepat melalui dua cara. Hal ini diungkapkan Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, yang langsung menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo.

“Intruksi Presiden jelas, mempercepat penyaluran bantuan sosial tunai (BST). Kami perintahkan  Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi Wahyu Setijono, agar mengakselerasi penyaluran BST, termasuk jajaran Kemensos,” katanya.

Ia memerintahkan PT Pos agar menambah loket-loket di Kantor Pos hingga titik penyaluran di komunitas. Selama ini PT Pos sudah melakukan penjangkauan melalui komunitas, tapi Juliari menilai masih kurang banyak.

“Saya juga meminta PT Pos agar bisa lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memperbanyak tempat penyaluran. Mereka bisa melakukan di kantor desa, di sekolah, di RW atau lokasi yang mudah diakses Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setempat,” imbuhnya.

Hal ini dilakukan, lanjunya agar bisa memastikan BST lebih cepat tersalurkan. Hal ini untuk memperluas jangkauan dan cover layanan.

Untuk meningkatkan volume penyaluran, dan memberikan kesempatan lebih luas melayani KPM yang menerima BST, Mensos juga memerintahkan PT Pos untuk memperpanjang durasi penyaluran.

“Bisa dimulai dari jam 07.00 sampai dengan selesai/malam setiap hari. Dengan demikian akan semakin banyak masyarakat yang bisa dilayani,” ucapnya.

Selain itu, ia juga memerintahkan kepada Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) untuk terus memonitor dan melaporkan setiap waktu percepatan penyaluran BST.

“Dengan langkah-langkah ini mudah-mudahan penyaluran BST bisa berlangsung cepat dan lancar, dengan mematahui protokol kesehatan dalam penyaluran BST. Dengan langkah tersebut sebelum Hari Raya Idul Fitri, BST Tahap I telah selesai disalurkan,” pungkasnya. (*/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: