Begini Kemeriahan Perayaan Cap Go Meh 2020 di Magelang

BNews—MAGELANG— Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang merayakan Cap Go Meh 2020. Tema perayaan yang diangkat tahun ini adalah ’Di Empat Penjuru Dunia Kita Adalah Saudara, Bersatulah Untuk Keutuhan NKRI’.

Acara dimulai dengan sembahyang kemudian dilanjut kirab atraksi berbagai kesenian. Rute yang dilalui mulai TITD Liong Hok Bio-Jalan Pemuda-Jalan Mataram-Jalan Sriwijaya. Dilanjutkan Jalan Kalingga-Jalan Tarumanegara-Jalan Sigaluh dan kembali ke Kelenteng.

Tercatat ada tujuh Samsi atau Naga Barongsai, Liong dan sepuluh penampil dari kesenian daerah. Antara lain dua kelompk Kuda Lumping, Topeng Ireng, Jathilan, Ndolalak, Reog, dua kelompk Buto, Soreng dan Pentulan.

Ketua Yayasan Tri Bakti yang juga menaungi Kelenteng Liong Hok Bio, Paul Chandra Wesi Aji mengungkapkan, tujuan diikutsertakannya kesenian daerah untuk menunjukkan Kelenteng bisa membaur dengan budaya lokal.

”Biar mematahkan kesan masyarakat mengenai kelenteng itu eksklusif. Menunjukkan bahwa semua itu saudara,” ungkapnya.

Paul Chandra menambahkan, perayaan Cap Go Meh juga bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Tidak terbatas penganut agama atau keyakinan tertentu untuk bisa menjaga persatuan.

”Dengan membaur budaya diharapkan untuk kita, masyarakat Indonesia bisa bersatu tanpa membeda-bedakan. Harapan kita, acara berjalan lancer dan untuk semua masyarakat bisa bersatu sesuai dengan tema yang diangkat,” imbuh dia. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: