Begini Perkembangan Pembangunan Tol Bawen-Magelang-Jogja

BNews—MAGELANG Masa pandemi Covid-19 membuat sejumlah proyek infrastruktur yang dijadwalkan belum dibahas kembali. Salah satunya pembangunan Tol Bawen-Magelang-Jogja.

Hampir tiga bulan berlalu, progres pembangunan jalan tol yang sudah melalui tahap rencana pembebasan lahan terhenti. Dimana, dijadwalkan bulan April bisa selesai.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk sementara waktu masih belum bisa malakukan pengerjaan konstruksi. Mereka masih menunggu instruksi dari pusat.

Staff Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Kementerian PUPR, Galih Alfandi mengatakan, pihaknya masih menunggu proses pembebasan lahan. Juga terkait ketersediaan anggarannya.

Dia mengatakan, seharusnya April kali ini pembebasan lahan di tahap II sudah selesai. Kemudian pertengahan tahun hingga akhir tahun pengerjaan konstruksi sudah harus selesai.

Adanya Covid-19 kali ini, pengerjaan konstruksi tahap II itu pun menurut Galih, kemungkinan besar molor hingga tahun 2021. Namun, dia mengaku sejauh ini belum ada kepastian lebih lanjut.

“Secara otomatis molor. Karena progres pembebasan lahan jalan di tempat. Harusnya tahun ini pengerjaan konstruksi sudah jalan,” tegasnya.

Galih melanjutkan, dari Kementerian pusat pun sampai hari ini masih belum memberikan instruksi terkait pembangunan.

Meski masih kurang delapan desa, pembebasan lahan di tahap III atau ruas Jogja-Bawen sudah mengambil ancang-ancang.

Total ruas Jogja-Bawen menurut Galih mencapai sekitar 71 kilometer.

Kemungkinan besar, dia mengatakan tim Satker PJBH akan menggarap kedua ruas tersebut secara bersamaan.

“Pengerjaan menunggu keadaan kondusif. Kami juga perlu menentukan jadwal ulang. Sepertinya akan memakan waktu lama,” pungkasnya. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: