Beragam Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernafasan, Jangan Sepelekan!

BNews—KESEHATAN— Organ-organ pernapasan manusia terdiri dari banyak bagian yang saling berkaitan dan kemudian menjadi sebuah sistem. Mulai dari hidung, tenggorokan, hingga paru-paru, semua ada fungsinya. Jika salah satunya mengalami masalah, tentu rasanya akan tidak nyaman.

Tubuh sebenarnya memiliki sistem pertahanan alami yang dirancang untuk melindungi paru-paru dan organ pernapasan lainnya. Namun, ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk menjaganya tetap sehat, yaitu:

Jangan Merokok

Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema. Asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan membuat pernapasan lebih sulit.

Ini menyebabkan peradangan kronis, atau pembengkakan di paru-paru, yang dapat menyebabkan bronkitis kronis. Seiring waktu, asap rokok menghancurkan jaringan paru-paru dan dapat memicu perubahan yang tumbuh menjadi kanker.

Mencegah Infeksi

Pilek atau infeksi pernapasan lainnya terkadang bisa menjadi sangat serius. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga organ pernapasan agar tetap sehat, yaitu:

  • Rutin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.
  • Menjaga kebersihan mulut dan hidung dengan baik.
  • Lakukan vaksinasi yang dibutuhkan.

Lakukan Latihan Kardiovaskular

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan pernapasan, maka sertakan latihan kardiovaskular dalam rutinitas latihan kamu. Latihan ini tidak hanya akan membantu meningkatkan sistem pernapasan, tetapi juga akan membuat tubuh tetap bugar.

Lindungi Diri dari Polusi Udara

Polusi udara pasti akan membawa bahaya bagi kesehatan organ pernapasan. Meskipun mengenakan masker sudah cukup baik untuk menghalau polusi udara di luar rumah, penting untuk tetap waspada terhadap udara yang dihirup setiap harinya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan polusi udara adalah membuang sampah dengan benar, menghemat energi di rumah, dan menggunakan produk yang ramah lingkungan. (*)

Sumber: halodoc.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: