Beredar Foto Gundukan Asing di Lereng Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

BNews—JOGJAKARTA— Sebuah foto gundukan berwarna hitam di lereng Gunung Merapi beredar dan viral di media sosial. Warga internet( warganet) menduga jika gundukan tersebut merupakan penampakan kubah lava baru.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta, Hanik Humaida, menaggapi foto tersebut. Pihaknya memastikan jika foto yang beredar di media sosial bukanlah kubah lava baru Merapi.

Hanik menyebut jika kubah lava baru (2021) disebut ada. Namun berada di puncak atau di area lava 1997 yang menjadi pusat erupsi sejak 4 Januari 2021 lalu.

Sementara itu, pihaknya mengaku telah melakukan observasi pada gundukan tersebut. Dan tidak ditemukan adanya indikasi kubah lava baru di situ.

”Berdasar observasi, material itu tidak berpijar. Tidak teramati adanya asap di material tersebut dan tidak terdapat rekahan di sekeliling material,” tegas Hanik melalui keterangan tertulis, Rabu (3/2).

BPPTKG menyimpulkan bahwa gundukan hitam tersebut merupakan bagian dari material vulkanik yang terbawa awan panas saat terjadi erupsi. ”Kami simpulkan material tersebut adalah material vulkanik yang terbawa oleh aliran awan panas guguran,” terangnya.

Hingga hari ini, (3/2), luncuran lava pijar masih terus terjadi dari puncak mengarah ke barat daya. Sejak Rabupagi mulai pukul 00.00 hingga 06.00WIB, teramati empat kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 900 meter. (han)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: