5 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak, Orang Tua Harus Tahu!

BNews—TIPS— Bermain game di handphone bisa menjadi sarana hiburan bagi anak. Game juga dapat mengasah keterampilan anak dalam memecahkan masalah dan menambah wawasannya.

Namun demikian, anak bisa mengalami kecanduan game jika dibiarkan bermain sesukanya. Anak yang sudah kecanduan game, cenderung kesulitan bersosialisasi bahkan bisa mengalami gangguan tidur dan obesitas.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang diterapkan untuk mengatasi kecanduan game online pada anak:

Buat aturan bermain alat elektronik pada anak

Buat persetujuan dengan seluruh anggota keluarga: 30 menit sebelum masuk waktu tidur, semua perangkat elektronik harus dimatikan. Hal ini penting agar anak dapat tidur nyenyak tanpa gangguan, sekaligus melatih anak disiplin.

Katakan kepada anak untuk tidak memainkan gadget apa pun pada waktu yang ditentukan. Misalnya, akhir pekan, atau saat makan malam dan acara keluarga

Letakan smartphone di luar kamar

Mereka yang hobi bermain game, cenderung menaruh smartphone dan konsolnya di kamar tidur. Hal ini biasanya dilakukan untuk mempermudah akses mereka untuk bermain game hingga larut malam sambil rebahan di kasur.

Untuk mengatasinya, cobalah meletakkan smartphone dan konsol jauh-jauh dari kamar. Hal ini diyakini dapat mengurangi waktu yang digunakan untuk bermain game.

Bersosialisasi dengan teman dan keluarga

Bermain game memang sangat seru, apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Namun ingatlah, bersosialisasi dengan kerabat dan keluarga di kehidupan nyata juga sama pentingnya.

Bersosialisasi dan bersenda gurau bersama teman dan keluarga adalah cara mengatasi kecanduan game online yang ampuh. Untuk sementara waktu, kamu dapat membebaskan diri dari kecanduan game online untuk berinteraksi dengan orang-orang di kehidupan nyata.

Menyibukkan diri

Menyibukan diri dengan berbagai macam aktivitas lain, misalnya berolahraga, dapat menjadi cara mengatasi kecanduan game online yang sangat efektif. Selain bisa mengalihkan pandangan dari layar smartphone atau televisi, berolahraga juga baik untuk kesehatan.

Perlu diketahui, duduk terlalu lama saat bermain game dapat menyebabkan kerugian pada tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk menyibukkan diri dengan aktivitas lain supaya tetap aktif bergerak.

Seleksi game sesuai dengan usia pada anak

Pilih game yang bisa merangsang daya nalar, pengetahuan, menghibur, imajinasi dan kreativitas anak. Hindari game yang mengandung kekerasan seperti adegan berkelahi.

Game yang “sehat” bisa dikategorikan membuat anak semakin banyak belajar berbagai macam pengetahuan, bukan mengubah perilakunya jadi negatif. (*)

Sumber: minews.id

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: