BERSIAPLAH… Di Magelang Segera Ada Kontes Robot Terbang Pelajar SMP

BNews—MAGELANG— Pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Magelang mulai dikenalkan dengan teknologi robotik. Langkah tersebut diperlukan agar anak-anak akrab dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang menangkap momentum tersebut dengan menggelar kompetisi secara rutin. Bila tahun lalu siswa ditantang membuat robot sepak bola, kali ini pihaknya mengajak para pelajar bersaing menciptakan robot terbang.

”Kami ingin mengenalkan lebih dini sains dan teknologi dalam bidang kedirgantaraan dan antariksa,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, Arif Barata Sakti, baru-baru ini.

Menurut Arif, kompetisi ini mampu meningkatkan minat terhadap ilmu sains melalui imajinasi, percobaan dan permainan yang menyenangkan. Selain itu bisa membangkitkan space mindedness pada teknologi kedirgantaraan. Dimana micro drone digunakan sebagai salah satu medianya.

”Diharapkan melalui kompetisi ini akan muncul inovator-inovator muda, sekaligus terbentuknya sebuah ekosistem inovasi di Kota Magelang,” tuturnya.

Kepala Bidang Harmonisasi dan Inovasi Catur Adi Subagyo menambahkan, sebelum kompetisi berlangsung pada 17 Maret depan, para peserta dan pendamping telah diberi sosialisasi, Selasa kemarin. Mereka juga akan mengikuti workshop pada 25 Februari besok.

”Untuk tahap sosialisasi, para peserta mendapatkan motivasi, penjelasan teknis tentang administrasi lomba, pembuatan roket dan penjurian lomba,” terangnya.

Papar Catur, kompetisi robot terbang merupakan hasil kerja sama Balitbang dengan Micro Drone Racing Indonesia (MDRI) Jogjakarta. Kemudian IST Akprind jogjakarta dan Bidang Taman Pintar Dinas Pariwisata Kota Jogjakarta.

”Kami ingin mengenalkan lebih dini sains dan teknologi dalam bidang kedirgantaraan dan antariksa. Lalu memacu kreativitas dan minat bakat siswa tentang dunia roket melalui perakitan dan penerbangan micro drone,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: