IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Tips Menjaga Keharmonisan Orang Tua dan Anak

BNews—TIPS—Hubungan harmonis antara orang tua dan anak adalah hal yang penting dan juga sangat diinginkan keluarga. Bagi anak ketika masih kecil, orang tua adalah segalanya.

Namun ketika beranjak dewasa, dinamika hubungan dengan orang tua dapat berubah. Sebab ketika anak mulai dewasa, mereka mungkin merasa orang tua terlalu ikut campur dan protektif sedangkan oran tua  merasa sudah tugasnya untuk selalu menjaga sang buah hati.

Kondisi tersebut dapat memicu pertengkaran yang lambat laun dapat membuat hubungan menjadi renggang. Karenanya, keharmonisan adalah kunci utama dalam membangun kehangatan suatu hubungan dan menjaga ikatan keluarga dari keretakan.

Berikut, sejumlah tips menjaga keharmonisan hubungan anak dengan orang tua. Seperti yang dikutip Borobudur News dari berbagai sumber.

Jadilah panutan bagi anak

Menurut sebagian orang, baik buruknya seorang anak adalah cerminan dari orang tuanya. Namun itu hanya sekedar pendapat bisa benar atau tidak.

Karenanya, penting bagi orang tua untuk menjadi panutan bagi sang anak. Perkembangan emosi dan edukasi pada anak biasanya terjadi sejak mereka kecil.

Loading...

Seorang anak akan banyak belajar dari lingkungannya. Keluarga merupakan lingkungan pertamanya.

Jangan memarahi anak

Memarahi anak ketika melakukan kesalahan, merupakan perbuatan yang kurang baik karena akan membuat psikologis anak tergangu. Sebagai orang tua, jika sang anak melakukan kesalahan, jangan langsung memarahinya, melainkan harus diajak bicara.

Kemudian lakukan obrolan, apa yang membuat sang anak melakukan hal tersebut, kemudian beri dia nasihat dan solusi yang baik, agar tidak mengulanginya kembali. Sebagai orang tua, juga jangan terlalu bersemangat untuk membuktikan pendapatnya paling benar tanpa mendengar alasan yang sesungguhnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Sentuhan kasih sayang

Sentuhan kasih sayang dapat memberikan sang anak rasa nyaman dan aman. Sentuhan juga dapat meringankan rasa sakit, mengurangi kecemasan, dan membangkitkan harapan.

Kasih sayang dapat dilakukan dengan cara, mengenggam tangannya, mengusap kepala dan badannya saat mereka tidur, atau dengan pelukan hangat.

Memberi dukungan pada anak

Ketika anak sedang mengalami kesulitan atau masalah, orang tua jangan bersikap tidak peduli apalagi membiarkannya. Orang tua harus memberikan dukungan dengan menunjukkan rasa peduli kepada sang buah hati.

Walaupun mereka memiliki banyak teman namun, dukungan dari orang tua sangatlah penting dan lebih dibutuhkan. Kemudian cobalah untuk memahami perspektifnya, terkadang cara orang tua memandang sesuatu berbeda dengan apa yang sebenarnya ingin dikatakan sang anak. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: