Bikin Bangga, Kartunis “Ndeso” Asal Ngablak Magelang Juara Internasional

BNews—NGABLAK—Seorang kartunis asal Ngablak Magelang membuat bangga Indonesia. Dirinya dinobatkan sebagai juara satu dalam ajang XV Edition of the Trento Economics Festival 2020 bertema Environment and Growth beberapa hari lalu.

Kartunis bernama Yustinus Anang Jatmiko ini berhasil mengalahkan ratusan pesaingnya dengan karya berjudul ”Global Warming”.  Kemenangan tersebut diraihnya setelah lolos seleksi dari ratusan peserta dari berbagai negara.

”Awalnya saya mengetahui ajang ini dari email yang dikirim panitia. Karena saya punya karya, ya saya kirim,” kata dia kepada Borobudurnews, hari ini (2/10/2020).

Usai karya miliknya dikirim kepada panitia, kata Anang, kemudian dilakukan seleksi hingga 100 besar peserta yang salah satunya adalah miliknya. Sementara penentuan pemenang dilakukan melalui vote paling banyak.

”Panitia memberitahu melalui email, bahwa penentuan pemenang melalui vote pada sebuah website. Tidak disangka, ternyata karya saya yang mendapat vote paling banyak,” jelasnya.

Karya nank Ngablak

Anang menyebut, bahwa sebelumnya karya ”Global Warming” miliknya pernah mengikuti seleksi di Jiaxing International Cartoon contest di China tahun 2012 silam. Namun belum meraih juara dan hanya di pamerkan serta dicetak dalam catalog.

Loading...
Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Terkait pembuatan karya tersebut, Anang mengaku bahwa idenya muncul dari rasa gelisahnya melihat tak seimbangnya kondisi alam akibat ulah manusia. ”Ide berawal dari kegelisahan saya atas terganggu nya keseimbangan alam akibat ulah manusia contohnya penebangan pohon secara liar. Hutan sudah berubah jadi gedung-gedung bertingkat,” jelasnya.

“Dalam karya saya, terlihat es sudah mencari dan tinggal sedikit akibat global warming. Beruang kutub dan pinguin nampak bingung dengan keadaan tersebut,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Anang menyebut dengan karyanya ini, dirinya ingin menyampaikan pesan kepada para sesame manusia. ”Kita harus bersikap bijak menjaga keseimbangan alam,” ujarnya.

Kartunis berinisial nank Ngablak ini pun tak langsung puas dengan kemenangan yang diraihnya tersebut. Kedepannya, ia ingin mengikuti kembali ajang-ajang serupa.

”Saya jadi kartunis sejak tahun 1990-an. Mulai mengikuti event International Cartoon Contest sejak 2008 silam. Kedepannya banyak sekali agenda International yang akan saya ikuti,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: