Calon Pengantin, Ini 4 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

BNews—KESEHATAN— Ada begitu banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum pernikahan berlangsung. Selain memikirkan dekorasi dan lainnya, kamu juga perlu mempersiapakan kesehatanmu.

Tidak hanya kesehatan mental, kesehatan fisik seperti kesehatan reproduksi. Untuk mereka yang ingin membangun rumah tangga dan berencana segera memiliki momongan, pemeriksaan sedini mungkin sangat diperlukan. Kamu dan pasangan perlu mengetahu kesehatan masing-masing untuk hubungan yang bahagia.

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk menghabiskan sisa hidupmu dengan seseorang, penting untuk mengetahui status kesehatan pasanganmu. Saat kamu bersiap untuk hari-H pernikahan, lakukan empat tes medis ini. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Tes Infertilitas

Tes infertilitas dirancang untuk memberi tahu kesehatan ovarium dan jumlah sperma. Karena tidak ada gejala infertilitas yang jelas, penting untuk menjalani tes ini jika kamu dan pasangan berencana untuk memiliki bayi di masa depan atau bahkan memiliki kehidupan seks yang normal. Ketika kamu mengetahui hasilnya sebelumnya, ada baiknya kamu mencari pengobatan yang benar, jika diperlukan.

Tes Kecocokan Golongan Darah

Ini mungkin tidak tampak seperti tes yang sangat penting tetapi jika kamu berencana untuk memiliki momongan, sangat penting bahwa kamu dan pasangan memiliki faktor Rh (faktor Rhesus) yang sama.

Jika golongan darah tidak cocok satu sama lain, itu dapat menimbulkan komplikasi selama kehamilan. Ketidakcocokan Rh bisa berakibat fatal bagi anak kedua karena ini adalah kondisi di mana antibodi dalam darah perempuan hamil menghancurkan sel darah bayinya.

Tes Kondisi yang Ditrasmisikan Secara Genetik

Kondisi genetik dapat dengan mudah ditransfer dari satu generasi ke generasi lainnya. Oleh karena itu, penting untuk dites untuk kondisi medis kronis ini sebelum terlambat.

Beberapa penyakit tersebut antara lain kanker payudara, kanker usus besar, penyakit ginjal dan diabetes. Diagnosis tepat waktu juga dapat membantu mendapatkan perawatan yang tepat untuk kondisi medis ini sebelum menjadi mengancam jiwa.

Tes STD

Ide yang baik bagi kedua pasangan untuk melakukan tes penyakit menular seksual. Penyakit ini termasuk HIV/AIDS, gonore, herpes, sifilis dan hepatitis C. Karena beberapa kondisi medis ini mengancam jiwa.

Jika laporan tes pasangan ternyata positif, itu dapat menyelamatkanmu dari trauma psikologis yang mungkin kamu hadapi di masa depan dan memberimu kejelasan. (*)

Sumber: Fimela.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: