IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Cerita Pria Asal Malang, Berniat Nikahi Pacarnya Namun Berakhir di Kantor Polisi

BNews—YOGYAKARTA—Seorang pria harus berurusan dengan aparat Polsek Umbulharjo Yogyakarta. Pasalnya pria tersebut nekat mencuri mobil untuk modal nikah dengan perempuan yang sudah dipacarinya.

Kapolsek Umbulharjo Kompol Achmad Setyo Budiantoro mengatakan pelaku tersebut berinisial B, 35, warga Malang, sementara korban pencurian benisial E, 25, warga Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta.

”Korban kebetulan tidak berada di rumah, ayah korban mengetahui kejadian pencurian mobil tersebut setelah habis gowes. Seketika, korban pulang dan mengecek BPKB mobil juga telah hilang, sontak langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Umbulharjo,” katanya, Senin (31/8/2020). Dikutip dari Harianjogja.com.

Menurutnya, pelaku sudah piawai dalam menjalankan aksinya. Sebelum beraksi, pelaku melakukan pemantauan di sekitar rumah korban selama beberapa hari. Pelaku tidak merusak rumah atau pintu rumah korban, bahkan pelaku tahu jika kunci rumah korban berada di atas boks listrik. ”Pelaku menjalankan aksinya seorang diri,” paparnya.

Setelah adanya laporan pencurian mobil, jajaran Satreskrim Polsek Umbulharjo langsung melakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP). Keterangan sejumlah saksi dan korban dikumpulkan serta petunjuk melalui CCTV, didapati wajah pelaku yang terekam saat beraksi.

”Berdasarkan hasil penelusuran, mobil dibawa pelaku ke Malang. Sebelumnya, pelaku juga coba menjual mobil curian tersebut di daerah Sukoharjo, namun tidak jadi,” lanjut Setyo.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)
Loading...

Usut punya usut, pelaku B pulang ke Malang untuk melangsungkan pernikahan dengan sang kekasih yang berinisial LK, 27, warga Malang. Polisi kemudian memburu pelaku ke Malang namun ternyata pelaku B mengendus keberadaan petugas.

Penangkapan pun urung dilakukan dan petugas kembali ke Yogyakarta.  ”Petugas kembali ke Jogja untuk menunggu pelaku kembali ke kos nya yang berada di Pleret, Bantul,” ungkap Setyo.

Ternyata benar, tak membutuhkan waktu lama, pelaku dan kekasihnya ke Yogyakarta untuk mengambil sejumlah barang-barangnya yang ada di kos. Petugas pun sudah berada di sekitar lokasi kos.

”Pelaku dan kekasihnya langsung diringkus petugas yang sudah mengintai selama dua hari,” terangnya.

Setelah ditangkap pada Sabtu (22/8/2020) lalu, pelaku B mengaku telah menggadaikan mobil hasil curiannya tersebut sebesar Rp30 juta di Malang. Uang tersebut digunakan untuk melangsungkan pernikahan namun berujung gagal.

”Selain itu, uang tersebut digunakan pelaku dan kekasihnya untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan pelaku juga sempat membelikan kekasihnya sebuah handphone. Kekasihnya juga mengetahui aksi (pencurian) pelaku,” imbuh Setyo.

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Iptu Nuri Aryanto menjelaskan pelaku B disangka atau diduga telah melakukan tindak pidana pencurian. Sebagaimana dimaksud dalam pasal 362 dengan ancaman hukuman penjara lima tahun.

”Sedangkan, kekasih pelaku dapat disangka atau diduga melakukan tindak pidana pertolongan atau penadahan dengan cara menerima sebagai hadiah barang dari hasil tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 480 dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” pungkasnya. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: