Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Disepelekan

BNews-KESEHATAN- Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), sakit pinggang adalah salah satu penyebab umum yang membuat seseorang kesulitan dalam bekerja.

Sebagian besar sakit pinggang disebabkan oleh cedera, seperti otot keseleo atau ketegangan akibat gerakan tiba-tiba. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh mekanisme tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat.

Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Diabaikan

  1. Posisi tidur yang salah

Salah satu penyebab umum yang sering menyebabkan gangguan pada pinggang adalah posisi tidur yang tidak benar. Ini bisa terjadi secara tiba-tiba saat tidur dan sering kali tidak disadari.

Untuk mencegah kondisi ini memburuk, penting untuk mencoba tidur dalam posisi yang nyaman. Anda bisa berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Anda juga bisa menambahkan bantal tipis di bawah kepala dan lutut untuk mengurangi ketegangan pada leher dan pinggang bagian bawah.

Jika sulit berbaring telentang, Anda bisa tidur telungkup dengan menempatkan bantal tipis di bawah pinggul. Cara ini dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang.

  1. Kasur yang terlalu keras

Selain posisi tidur, kasur yang tidak nyaman seperti yang terlalu keras atau terlalu tipis juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Oleh karena itu, penting untuk memilih kasur yang sesuai dan nyaman untuk mencegah terjadinya sakit pinggang belakang.

  1. Bantal yang salah

Ketika mengalami sakit pinggang belakang, kemungkinan penyebabnya tidak hanya posisi tidur dan kasur yang keras, tetapi juga penggunaan bantal yang tidak tepat.

Bantal yang cocok adalah bantal yang mendukung lengkung tulang belakang hingga leher. Jika Anda menggunakan bantal yang tidak nyaman, sebaiknya ganti dengan bantal yang terbuat dari bahan viskoelastik atau bantal yang bisa diisi ulang.

  1. Kegemukan

Faktor internal seperti kegemukan juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami sakit pinggang belakang. Berat badan berlebih memberikan tekanan tambahan pada tubuh, yang dapat menyebabkan sakit pinggang.

  1. Otot yang tegang

Ketika tubuh melakukan gerakan yang tidak biasa, otot dapat tegang karena tertarik atau distorsi ligamen. Dalam kasus yang parah, ligamen dan otot dapat robek dan menyebabkan sakit pinggang belakang.

Otot yang tegang dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti posisi duduk atau berdiri yang tidak tepat, kurangnya pemanasan sebelum berolahraga, dan posisi yang salah (membungkuk) saat mengangkat benda berat.

Oleh karena itu, posisi membungkuk meningkatkan beban dan regangan pada tulang belakang, yang dapat memicu sakit pinggang.

Dalam banyak kasus, kondisi-kondisi di atas sering dikaitkan dengan perubahan yang terkait dengan penuaan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan setiap kebiasaan yang Anda lakukan agar terhindar dari sakit pinggang belakang.

Jika sakit pinggang masih berlanjut setelah menerapkan langkah-langkah di atas dan mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis terdekat. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: