DAFTAR !! Borobudur Banon Run 7 K 2022 Digelar, Ini Caranya

BNews–MAGELANG-– Untuk pertamak kalinya Borobudur Banon Run 7 K (BBR7K) akan digelar 18 Desember 2022 mendatang. Kegiatan untuk membangkitkan industri pariwisata dan olahraga yang ada di Borobudur.

Tema yang diangkat The Spiit Ganesha Banon, tema ini mengambil nama dari sebuah Candi Banon. Dimana yang sudah punah, dan dahulu terletak diantara Candi Pawon dan Candi Mendut. Sekarang ini Arca Ganesha ditempatkan di museum Nasional di Jakarta.

Untuk mengabadikan dan mengambil pelajaran masa lampau kemudian candi banon dikembangkan menjadi motif batik yang bernama Batik Banon. Ini juga pertamakalinya di Indonesia medali untuk seluruh peserta diberikan dalam dua versi yaitu versi riil medali dan versi virtual medali berupa karya seni digital Non Fungible Token (NFT).

Ketua panitia Borobudur Banon Run 7K (BBR 7K), Lukman Fauzi Mudatsir, menargetkan peserta 1.000 orang. Untuk rute dimulai start dari TIC Kabupaten Magelang berlari sejauh 7 Km dan finish di Pasar Budaya, Mpuloh Klatakan, Dusun Jligudan Desa Borobudur.

‘’Kegiatan ini memperkenalkan atau mengangkat candi Banon di Dusun Jligudan Désa Borobudur sebagai Heritage. Dimana yang dituangkan dalam motif batik dari patung Ganesha yang dulunya di ekskavasi dan sekarang arcanya berada di museum nasional,” katanya saat konferensi pers (2/11/2022).

Dikatakanya, geliat penggabungan wisata dan olahraga ini diharapkan akan memberikan dampak pada perekonomian lokal mulai dari homestay, kuliner dan lainnya. Daya desa akan terus menggeliat jika banyak kalender event yang digelar di Borobudur.

Menurutnya, Ini salah satu pemanfaatan program pemajuan kebudayaan desa yang ada di dusun Jligudan namanya pasar budaya mpuloh Klatakan. Karena Even ini diadakan di Desa Borobudur sebagai wujud kepedulian pemerintah desa terhadap kerjasama antara tiga elemen , wisata- olahraga- budaya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kepala Desa Borobudur sebagai Ketua Komite Olahraga Kecamatan (KOK) Borobudur, menyambut baik; dan mendukung event yang dilakukan oleh masyarakat nya ( BSSA) desa Borobudur dan akan jadi event tahunan Desa Borobudur.

“Panitia mohon dukungan dan kerjasama semua pihak, termasuk teman-teman media, atas terselenggaranya event perpaduan wisata, olahraga dan budaya,” katanya.

Duta Digital Kemendesa, Sholahuddin, kegiatan ini kamu dukung dalam bentuk industri kreatif dan digitalnya. Salah satunya adalah setiap peserta nanti akan mendapatkan karya seni digital Banon yang sudah dikemas dalam bentuk NFT. Nilai guna NFT Batik Banon ini bisa digunakan untuk mendaftar lagi pada kegiatan serupa tahun depan dengan potongan harga yang special.

‘’Kedepan tentu NFT itu akan terus dikembangkan sehingga memiliki nilai guna untuk akses wisata desa-desa wisata di kawasan Borobudur,’’tambahnya.

Dalam konferensi pers tersebut juga disebutkan bahwa nantinya para calon peserta bisa mulai mendaftar di situs banonrun.com (KLIK). Untuk biaya pendaftaran katagori umum Rp 250 ribu dan pelajar di Kabupaten Magelang Rp 75 ribu.

Dengan biaya tersebut, nantinya para peserta juga akan memperoleh beberapa fasilitas. Antara lain Tas Racepack, Kaos Lari Borobudur Banon Run 7K, Gelang Penanda, E-Sertifikat, Medali finisher; Banon Run 7K, NFT Batik Banon Medali, Minuman Isotonik, Minuman Mineral dan Ekstra Fooding.

Dalam ajang tersebut para peserta memperebutkan total hadiah Rp 30 juta. Baik untuk katagori umum dan pelajar. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!