Prodi S1 Managemen Paling Diminati Peserta SMUT Untidar Magelang

BNews—MAGELANG— Universitas Tidar (Untidar) Magelang menggelar Seleksi Mandiri Ujian Tulis (SMUT) tahun 2024 selama empat hari, Kamis-Minggu (27-30/6/2024). Ujian dibagi 12 sesi dengan tiga sesi perharinya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Untidar, Suyitno mengatakan total peserta SMUT sebanyak 1.662 peserta. SMUT tahun ini sepenuhnya menggunakan perangkat komputer atau computer based.

“Skema SMUT tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu, pelaksanaan SMUT tahun ini berbasis komputer, sementara tahun lalu berbasis android dan IOS. Pengerjaan soal SMUT per sesi tahun ini lebih singkat yaitu menjadi 90 menit,” katanya dalam rilis pers yang diterima BorobudurNews.

Dia menjelaskan, SMUT dibuka untuk 28 program studi sarjana dan diploma termasuk 2 prodi baru di tahun 2024 yaitu D3 Farmasi dan D4 Akuntansi Perpajakan. Kelompok soal yang diujikan meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Penalaran Matematika.

“Hari pertama pelaksanaan, 428 peserta hadir dan 19 peserta tidak hadir,” jelasnya.

Diketahui S1 Manajemen menjadi program studi yang paling diminati peserta SMUT. Diikuti S1 Ilmu Komunikasi dan S1 Administrasi Negara. Berdasarkan prodi yang dipilih dan kuota yang tersedia, rasio keketatan Seleksi Mandiri Untidar tahun ini menjadi 1:5, artinya setiap kuota yang tersedia akan diperebutkan oleh lima calon mahasiswa.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Jika dilihat dari jumlah peserta SMUT, jumlah peserta 1.662 lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Namun jumlah ini dipengaruhi adanya jalur Seleksi Mandiri Nilai UTBK dan Seleksi Mandiri One Day Service.

“Tercatat peserta SM Nilai UTBK atau jalur seleksi yang menggunakan nilai UTBK adalah 964 peserta. Jumlah ini dinilai cukup tinggi untuk jalur seleksi ‘baru’ di Untidar saat ini,” jelas Muh. Azril selaku Koordinator Pelaksana SMUT Untidar 2024.

Selain SM Nilai UTBK, Untidar juga merilis jalur SM One Day Service dimana salah satu tujuan dari jalur seleksi ini adalah memaksimalkan daya tampung yang ada agar tidak ‘mubazir’.

“Pada SMUT One Day Service calon mahasiswa datang untuk pendaftaran dan ujian di hari yang sama, jadi semuanya dilakukan dalam satu hari. Harapannya ini akan lebih efektif,” imbuhnya.

Namun, tidak semua prodi akan dibuka pada jalur SM One Day Service ini karena hanya diperuntukan bagi prodi yang daya tampungnya belum terpenuhi. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!