IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Didampingi Prabowo dan Puan, Megawati Resmikan Jejak Soekarno di Akmil Magelang

BNews—MAGELANG— Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Ir Soekarno di hall utama Kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jumat (7/2). Menurut Megawati, keberadaan patung Bung Karno sudah lama ditunggu-tunggu oleh keluarga besarnya.

Megawati didampingi putrinya, Puan Maharani yang juga Ketua DPR RI dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Mereka bersama tamu undangan terlebih dahulu menyaksikan sosiodrama sejarah berdirinya Akademi Militer Nasional (AMN) menjadi Akmil.

”Pada hari ini, Jumat 7 Februari 2020, prasasti dan patung Presiden Indonesia kesatu Ir Soekarno, saya nyatakan diresmikan,” kata Megawati di lokasi.

Bagi Megawati, patung Soekarno di Akmil Magelang sangat dinantikan keluarga besarnya karena kerap ditanyakan anak dan cucu Sang Bapak Proklamator. Apalagi, Soekarno saat itu berperan membidani kelahiran AMN.

”Bung Karno sudah punya anak cucu dan mereka sering menanyakan. Menurut cerita, katanya kakek mendirikan Akademi Militer (AMN). Tentu saya ditanya, ’ada tidak patungnya?’ (Saya jawab) Tidak ada,” tutur dia.

Megawati kemudian berfikir bahwa sebagai bangsa, kerap kali melupakan sejarah. Bahkan, generasi saat ini dikatakan hampir saja melupakan sejarah. Padahal, di negara manapun di dunia, sangat penting menunjukkan jati diri sebagai sebuah bangsa.

”Kami keluarga besar Bung Karno mengucapkan beribu terima kasih atas dibuatnya patung Bung Karno, presiden pertama, proklamator, pahlawan nasional,” terangnya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Ungkap Megawati, sebenarnya kepala keluarga besar Soekarno adalah kakaknya, Guntur Soekarnoputra. Namun Guntur meminta agar dirinya saja yang meresmikan patung Bung Karno.

”Hari ini (Guntur) menyerahkan tugas kepada saya. ’Kamu saja yang membuka’,” ucap dia.

Saat peresmian, Megawati sempat bercanda sebelum membuka tirai penutup patung Soekarno. Ia mengaku belum melihat wujud patung tersebut.

”Saya belum melihat patungnya, Jadi juga akan menjadi sebuah teka teki apakah rupa-nya persis seperti Bung Karno apa tidak,” candanya disambut tawa para tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurahman mengatakan, patung Soekarno di Akmil menjadi simbol penghormatan dan pengabadian perjalanan perjuangan bersejarah. Selain itu, juga dijadikan panutan serta teladan bagi taruna-taruni sebagai pemimpin TNI di masa depan.

”Sehingga para taruna dan taruni akan tahu tokoh nasional. Betul-betul berjuang dan bertekad untuk mempersiapkan para penerus bangsa di masa yang akan datang,” kata Dudung.

Hadir dalam acara sejumlah pejabat negara Kepala BIN Budi Gunawan, KSAD Jenderal (TNI) Andika Perkasa, Inspektur Jenderal TNI Letjen Muhammad Herindra. Lalu Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dan Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga hadir bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Kemudian Walikota Magelang Sigit Widyonindito, Bupati Magelang Zaenal Arifin, serta para perwira TNI dan pejabat daerah lainnya. Tampak juga mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) AM. Hendropriyono. (cr1/han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: