Ganjar Dorong RSND Undip Semarang Jadi Rumah Sakit Khusus Corona

BNews—SEMARANG— Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang didorong untuk menjadi rumah sakit khusus covid-19. RSND diklaim memiliki keunggulan berupa lokasi strategis hingga kelengkapan sarana prasarana yang mendukung sebagai tempat rujukan corona.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada jajaran pengelola saat meresmikan laboratorium tes PCR di RSND Undip, Rabu (22/4). Menurut dia, berdasarkan infromasi yang diterima, pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut belum banyak.

”Dari informasi baru sekitar 26 persen. Jadi lebih baik ini kita dorong untuk jad rumah sakit khusus covid di Semarang,” kata Ganjar.

Tidak hanya mendorong, Ganjar juga akan menyiapkan sara prasarana yang dibutuhkan. Pihaknya telah meminta Dinas Kesehatan Provinsi Jateng untuk membicarakan lebih lanjut dengan pengelola dan mempersiapkan segala sesuatunya.

”Kalau ini bisa, lebih enak lagi. Maka kami akan dorong. Rumah sakit ini lokasinya bagus, agak jauh dari pemukiman dan keramaian,” tuturnya

”Sehingga, kalau ada orang yang takut karena literasinya rendah, relatif nyaman dengan keputusan ini,” sambung dia.

Usulan Ganjar terebut disambut baik pengelola RSND Undip Semarang. Rektor Undip Prof Yos Johan Utama menegaskan kesiapan mendukung program itu.

Loading...

”Prinsipnya kami siap. Namun harus dikaji dahulu terkait pemenuhan sarana prasarananya. Kalau itu sudah disiapkan, kami siap menjadi rumah sakit khusus covid,” ungkap Yos.

Lanjut dia, RSND Undip merupakan rumah sakit tipe C. Sehingga, masih banyak sarana prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus dipenuhi untuk menjadikannya sebagai rumah sakit khusus corona.

”Kalau itu disiapkan semua, kami pasti siap. Nanti akan kami komunikasikan lebih lanjut dengan Dinkes,” pungkasnya. (lhr/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: