Dinkes Magelang Siapkan Tes Warga yang Kontak Erat dengan 28 Pasien Positif

BNews–MUNGKID– Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang akan lakukan pemeriksaan warganya terkait virus corona. Mereka adalah keluarga dan siapapun yang melakukan kontak erat dengan 28 orang yang telah terkonfirmasi positif Covid-19.

”Kami akan menindaklanjuti temuan 28 pasien positif Covid-19 dengan melakukan tes cepat terhadap keluarga dan yang melakukan kontak erat dengan pasien tersebut,.” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti seperti yang dikutip Kompas ID (7/5/2020).

Jika ada yang menunjukkan hasil reaktif, lanjutnya makan tes akan dilanjutkan dengan tes PCR. “Saat ini masih terus berupaya mendata siapa saja orang yang kontak erat dengan pasien positif,” imbuhnya.

“Dari 28 orang positif Covid-19 tersebut, 16 orang kini masih dirawat di rumah sakit dan 12 orang lainnya melakukan isolasi mandiri di rumah update tanggal 7 Mei 2020,” tandasnya.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menjelaskan terakit proses isolasi untuk PDP maupun terkonfirmasi positif. Jika mereka tanpa gejala apapun sesuai dengan pedoman penatalaksanaan Covid-19, mereka akan diobati dan dilakukan isolasi mandiri di rumah atau tempat yang ditentukan.

Sedangkan bagi yang terkonfirmasi yang disertai dengan gejala sesak nafas, akan dirujuk ke rumah sakit. “Untuk para kontak eratnya, kita lakukan pemeriksaan rapid test dan dilakukan juga isolasi mandiri. Apabila hasil rapid test positif, akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab sebagai dasar penatalaksanaan selanjutnya,” tambahnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: