Dinsos Tindak Model Pria Berdandan Wanita Di Citayam Fashion Week , ini Kata Komnas HAM

BNews–NASIONAL– Baru baru ini Suku Dinas Sosial (Dinsos) Jakarta Pusat (Jakpus) menyatakan siap menindak sejumlah remaja pria yang berdandan selayaknya wanita; kala mengikuti Citayam Fashion Week (CFW) di Taman Dukuh Atas, Jakpus.

Merespons hal tersebut, Komnas HAM menilai tindakan Dinsos Jakpus tidak tepat. “Itu menurut kami tidak tepat,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan, Senin (25/7/2022).

Pasalnya, Anam menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memfasilitasi Taman Dukuh Atas sebagai lokasi Citayam Fasihon Week. Menurut Anam, Penindakan yang dilakukan Dinsos Jakpus terkait ABG pria yang berdandan bak wanita tersebut justru berpotensi menimbulkan diskriminasi.

“Acara itu bahkan diapresiasi oleh gubernurnya. Karenanya, harus bijak melihat fenomena ini, jangan prasangka. Melakukan tindakan-tindakan yang potensial terjadi diskriminasi,” ucap Anam.

“Makanya ketika ekspresi itu sama gubernurnya diapresiasi, jangan setelah itu diperiksa, dikasih status orang yang memiliki masalah sosial,” sambungnya.

Diketahui bersama, sebelumnya, sejumlah remaja laki-laki berdandan seperti wanita mengikuti Citayam Fashion Week (CFW) di Dukuh Atas, Jakarta Pusat (Jakpus). Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengatakan akan melakukan tindakan terkait fenomena itu.

“Iya, kita siap melakukan penindakan terhadap mereka (pria kemayu),” kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakpus, Abdul Salam, kepada wartawan, Senin (25/7/2022).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Abdul mengatakan para remaja berdandan bak wanita itu akan dimasukkan ke Panti Kedoya. Dia menyebut pihaknya akan memberikan edukasi.

“Mereka akan dimasukkan ke Panti Kedoya, nanti mereka di-asesmen nanti akan dirujuk ke panti-panti yang memang sesuai dengan jenis PMKS-nya,” katanya.

Kawasan Dukuh Atas kian menjadi tren imbas gelaran Citayam Fashion Week oleh ABG SCBD atau ‘Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok’. Fashion show itu juga diikuti para remaja laki-laki yang berdandan bak wanita berlenggak-lenggok di zebra cross Dukuh Atas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mewanti-wanti para remaja laki-laki yang mengikuti fashion show di sana memiliki hasrat ingin seperti perempuan.

“Mari kita jaga anak-anak kita jangan sampai nanti justru karena mengikuti fashion show gitu justru nanti yang laki-laki nanti ingin seperti keperempuan-perempuanan begitu,” kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7).

Riza mengatakan pihaknya bakal memberi edukasi bagi anak-anak tersebut. Menurutnya, gelaran fashion show para ABG itu jangan sampai mengarah ke perilaku LGBT. (*/detik)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: