PPMT UNIMMA Dampingi Posyandu Kenanga Di Kepanjen Muntilan

BNews–MAGELANG– PPMT UNIMMA periode 3 melakukan pendampingan guna mencegah stunting pada balita di Posyandu Kenanga. Dimana lokasinya di Dusun Kepanjen Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

PPMT merupakan salah satu program kemahasiswaan yang diadakan pada setiap periode. Dan kali ini ,program ini merupakan program penyetaraan KKN dengan berbentuk pengabdian terpadu kepada masyarakat.

Adapun kelompok kami terdiri dari 1 mahasiswa prodi BK (Rizqonatull Maghfiroh) yang berperan sebagai ketua kelompok. Dan beranggotakan 4 mahasiswa program studi pendidikan sekolah dasar.

Mereka yakni Henti Intan, Agnes Pratiwi, Putri Rahmawati dan Herda Farisma Syaraswati dengan ketua tim pelaksana Prof. Dr. M.Japar, M.Kons dari prodi BK.

PPMT periode 3 ini dilaksanakan oleh kelompok 3 yang dibimbing oleh Prof japar dan dilaksanakan di Posyandu Kenanga Dusun Kepanjen Desa Menayu Muntilan. Dan salah satu kegiatan yang bertujaun mempunyai fokus terhadap kesehatan balita.

Program ini dibuka oleh Kepala Desa Menayu, yakni H.Arwanto pada bulan juni 2021 lalu. Diadakannya program ini antara lain memilikimanfaat dan tujuan yang tidak lain adalah membentuk dan memperjuangkan kesehatan balita. Yakni dimasa sekarang dan mendatang guna menjadi penerus bangsa yang berkualitas dan cekatan.

Dalam hal ini semangat dan antusias para kader posyadu dan ibu hamil yang ada didusun Kepanjen sangat tertarik dengan adanya program ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa ppmt kali ini adalah mendampingi dan memberikan sosialisasi mengenai pentingnya melakukan pencegahan stunting terhadap balita. Pencegahan dilakukan dengan memerikan sosialisai mengenai apa itu stunting, pencegahan stunting dan bahaya akibat stunting itu sendiri.

Akibatnya muncul antusias yang dilakukan oleh para kader posyandu kenanga. Dan nampak ketika mahasiswa gencar memberikan arahan dan pendampingan yang diwujudkan dengan acara sosialisasi, posyandu balita dan pemberian vitamin dengan tujuan diharapkan terpenuhinya vitamin yang diperukan dalam pembentukan atau tumbuh kembang anak pada usia balita.

Kegiatan ini juga sangat didukung penuh oleh pemerintahan setempat, dengan kami membuat perijinan langsung kepada kepala desa setempat. Yakni dengan mengajukan surat ijin penggunaan wilayah sebagai tempat kegiatan PPMT pun diterima baik oleh perangkat dan masyarakat ditempat.Adapun kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3 bulan mulai dari survei lokasi hingga pelaksanaan kegiatan.


Harapan dari kegiatan ini adalah terciptanya generasi yang sehat sehingga menjadikan penerus bangsa yang berkualitas baik dari sisi jasmani , rohani maupun intelektual.


Selain itu meskipun kegiatan sudah berakhir diharapkan ibu kader posyandu tetap berkomunikasi dengan mahasiswa. Hal ini guna melakukan pemantauan terhadap tumbuh kembang balita di Posyandu Kenanga, Dusun Kepanjen Desa Menayu Muntilan. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: