DPRD Sepakati Dana Dana Cadangan Untuk Pilbup 2024 Masuk Pembahasan Tahun 2021

BNews–MUNGKID– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang bersama Bupati Magelang menyepakati perubahan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Promperda) Tahun 2021. Dalam Promperda 2021, disetujui untuk memasukkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 dan mengeluarkan Raperda tentang Rumah Susun.

Rapat Paripurna pada Senin (15/2/2021) digelar secara virtual untuk menghindari penyebaran Virus Covid-19. Para pimpinan DPRD Kabupaten Magelang mengikuti rapat di Gedung DPRD; Bupati Magelang Zaenal Arifin mengikuti melalui video conference dari Rumah Dinas Bupati Magelang; dan para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengikuti rapat dari Command Center Room Pusaka Gemilang Sekretariat Daerah.

Juru Bicara Bapemperda, Arif Rahmanto menyatakan proses ini telah melalui rapat Rapat Kerja Bapemperda DPRD Kabupaten Magelang dengan BPPKAD, Bappeda dan Litbangda serta Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang yang membahas Kesiapan Raperda Masa Sidang I dan Perubahan Propemperda Tahun 2021.

“Raperda ini telah diserahkan kepada DPRD Kabupaten Magelang oleh Bupati Magelang; dan sudah pernah dibahas bersama dengan Pansus DPRD pada tahun 2019 namun belum selesai,” kata Arif Rahmanto.

Berdasar pada ketentuan Pasal 80 ayat (6) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Daerah tentang Pembentukan Dana Cadangan ditetapkan sebelum persetujuan bersama antara Kepala Daerah dan DPRD atas Rancangan Perda tentang APBD.

Mengingat pentingnya Pembentukan Dana Cadangan Pilbup 2024 sebagai dasar penyusanan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2022, DPRD Kabupaten Magelang memandang perlu segera untuk membahas raperda tersebut pada Masa Sidang I Tahun 2021.

Raperda tersebut belum masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2021. Dengan pertimbangan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah,  perlu memasukkan raperda tersebut dalam Propemperda Kabupaten Magelang Tahun 2021.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Adapun Mendasarkan pada ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015; tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 Tahun 2018; tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015; tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah Pasal 15 ayat (5) dan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor : 180/0014440 Tanggal 26 Oktober 2020; tentang Penyusunan dan Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah, jumlah Raperda yang masuk dalam Propemperda dihitung berdasarkan jumlah Peraturan Daerah yang ditetapkan pada tahun berkenaan dengan penambahan paling banyak 25% dari jumlah Propemperda tahun sebelumnya.

“Jumlah Raperda yang masuk dalam Propemperda Tahun 2021 sejumlah 16 dan sudah maksimal; maka untuk dapat memasukkan Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan Pilbup 2024 dalam Propemperda Kabupaten Magelang Tahun 2021 perlu mengeluarkan raperda yang telah masuk dalam Propemperda Kabupaten Magelang Tahun 2021,” jelas Arif Rahmanto.

Mendasari Rapat Kerja Bapemperda DPRD Kabupaten Magelang dengan Bagian Hukum; Raperda yang dikeluarkan dari Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2021 adalah Raperda tentang Rumah Susun.

“Selanjutnya, hasil rapat tersebut kami mintakan persetujuan dalam rapat paripurna. Hal ini untuk ditetapkan menjadi Perubahan Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2021,” pungkasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: